Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta ApiUjicoba

KRL Seri 205 Rangkaian Eks KeYo M13 Diuji Coba

keyo m13
Rangkaian KeYo M13 di Stasiun Manggarai | foto: Rama Eko Saputro

(18/12) – Sempat tertunda akibat harus melakukan penggantian roda terlebih dahulu, KRL seri 205 rangkaian eks KeYo M13 akhirnya diujicobakan pada Selasa (18/12) siang. Uji coba dilakukan dengan rute Depok-Manggarai-Bogor-Depok.

Rangkaian ini didatangkan bersamaan dengan eks KeYo M29 dan M36. M29 dan M36 telah diujicobakan terlebih dahulu dikarenakan kedua rangkaian tersebut dapat langsung diuji coba. Sementara, M13 datang dengan roda yang sangat tipis dari Jepang, sehingga harus melakukan penggantian roda pada kereta-kereta yang rodanya tipis.

Uji coba ini dilakukan sedikit lebih siang dari jadwal seharusnya. KLB uji coba M13 berangkat dari Stasiun Depok menuju Stasiun Manggarai pada pukul 11:15 siang ini.

keyo m13
Kereta kabin 204-8. Sampai rangkaian KeYo M20 datang, kereta kabin ini adalah kereta kabin seri 205 tertua di Jakarta | foto: Rama Eko Saputro

Rangkaian eks KeYo M13 ini dibentuk dari empat rangkaian berbeda. Dua unit kereta kabin diambil dari rangkaian YaTe 8. Dua unit kereta motor diambil dari YaTe 14 yang kereta kabinnya digunakan pada rangkaian KeYo M32. Sedangkan dua unit kereta motor lainnya diambil dari YaTe 43 yang rangkaian utamanya menjadi KeYo M12 yang sedang dikapalkan ke Indonesia. Terakhir, dua unit kereta pengikut tengah diambil dari HaE 20 yang rangkaian utamanya telah dikirim ke Indonesia pada tahun 2014 dan kini telah menjadi BOO128.

Setelah rangkaian M13 diuji coba, belum diketahui apa yang selanjutnya akan dilakukan pada rangkaian ini maupun M29 dan M36. KRL seri 205 jalur Musashino diketahui rencananya akan diubah formasinya menjadi 12 kereta. Perubahan formasi ini tentunya untuk persiapan pengoperasian rangkaian formasi 12 kereta di jalur Rangkasbitung yang direncanakan akan dimulai pada awal 2019 mendatang. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×