Fase 2 MRT Jakarta Digarap Weekend Ini

Fase 2 MRT
Kereta MRT Jakarta persiapan masuk Stasiun Cipete Raya

(21/3)Groundbreaking pembangunan fase kedua MRT Jakarta akhirnya menunjukkan titik terang. Pasalnya setelah tertunda sejak akhir Desember 2018 lalu, groundbreaking akhirnya akan dilaksanakan pada Minggu (24/3) mendatang.

Hal ini diutarakan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, saat mencoba MRT Jakarta pada Selasa (19/3) yang lalu. Pada fase 2 ini pembangunan MRT Jakarta akan dibagi dua sub-fase. Fase 2A membangun jalur antara Stasiun Bundaran Hotel Indonesia dan Stasiun Jakarta Kota yang akan terdiri dari tujuh stasiun beserta konstruksi sipilnya. Tujuh stasiun tersebut yaitu Sarinah, Monumen Nasional, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Jakarta Kota.

Sementara itu, fase 2B membangun jalur antara Stasiun Jakarta Kota menuju lokasi dipo MRT beserta konstruksi sipilnya. Awalnya, dipo MRT fase 2 akan menggunakan lahan milik Kereta Api Indonesia (KAI) di dekat Stasiun Kampung Bandan. Di lahan ini juga tadinya akan dibangun stasiun akhir dari rute utara-selatan. Namun karena terjadi masalah kepemilikan lahan, akhirnya lokasi dipo diubah.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengusulkan agar dipo MRT fase 2 dapat dibangun di lahan Stadion BMW yang kini juga tengah dibangun. Namun karena keterbatasan lahan, lokasi dipo diusulkan berada di tempat yang tidak jauh dari Stadion BMW, yaitu di wilayah Ancol sebelah barat atau sebelah timur. Hingga saat ini, penentuan lokasi dipo masih berlangsung.

Fase 2 mrt
Dua kereta MRT Jakarta berpapasan

Seluruh proyek fase 2 MRT Jakarta diharapkan selesai pada tahun 2024 mendatang. Setelah itu, pembangunan rute utara-selatan akan dilanjutkan ke arah Tangerang Selatan. MRT Jakarta juga telah mencanangkan pembangunan rute barat-timur tahap pertama dari Kembangan menuju Ujung Menteng. Rute ini merupakan bagian dalam kota sepanjang 31 km dari keseluruhan 87 km rute barat-timur yang akan membentang dari Balaraja ke Cikarang.

Selain itu, MRT Jakarta juga akan membangun dua rute loop line, yaitu inner circle dan outer circle dengan total panjang sekitar 100 km. Terakhir, akan ada dua rute diagonal yang membelah semua jalur MRT, namun saat ini studi untuk rute diagonal tersebut belum dimulai. (RED/MPF)

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: