MRT Jakarta Resmi Beroperasi

Presiden Joko Widodo saat memberika pidato dalam peresmian MRT Jakarta di Bundaran HI pagi tadi | Kompas.com

[24/3]. Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya MRT Jakarta rute North-South fase 1 resmi beroperasi melayani warga Jakarta. Peresmian dilakukan saat acara Car Free Day di Bundaran HI pada pagi tadi.

Peresmian dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo beserta sejumlah menteri dan pejabat terkait seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM Wiranto, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Dirut MRT Jakarta William Sabandar, perwakilan dari JICA, dan pejabat lainnya.

Peresmian MRT ditandai dengan dipencetnya bel tanda resmi beroperasinya MRT yang ditekan oleh Presiden bersama sejumlah pejabat terkait. Setelah meresmikan pengoperasian MRT Jakarta rute North-South fase 1, presiden kemudian meresmikan pembangunan MRT Jakarta rute North-South fase 2 dari Bundaran HI hingga Kampung Bandan. Peresmian dilakukan di sepur badug Stasiun Bundaran HI.

 

Halte Transjakarta Bundaran HI yang sebelumnya tidak beroperasi karena dibongkar untuk mempermudah pembangunan Stasiun MRT Bundaran HI juga mulai beroperasi hari ini. Halte Bundaran HI yang baru dibangun terintegrasi dengan Stasiun Bundaran HI.

Halte Transjakarta Bundaran HI yang selesai direvitalisasi pasca ditutup selama proyek MRT Jakarta berlangsung | picture by: Bryan Septa K

Acara peresmian ini juga dimeriahkan oleh sejumlah artis ibukota seperti Barasuara, D’Masiv, Mytha, Naff, dan dipandu oleh Kemal dan TJ. Untuk sementara tarif perjalanan MRT Jakarta masih digratiskan sampai 31 Maret mendatang. Hal tersebut dikarenakan masih belum adanya kesepakatan mengenai pemberian subsidi kepada MRT dan LRT jakarta oleh Pemprov DKI.

Dalam acara ini juga Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan rencananya proyek MRT East-West fase 1 akan mulai dikerjakan pada 2020 mendatang. Presiden Joko Widodo menargetkan dalam 10 tahun ke depan terdapat 231 kilometer Jalur MRT yang dibangun.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “MRT Jakarta Resmi Beroperasi

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: