KRL Commuter Line Terguling di Kebon Pedes

Kereta 8612 yang anjlok dan menabrak tiang LAA

[10/3]. Hari Minggu ini sepertinya bukan Minggu yang indah bagi beberapa orang. Pagi ini KA 1722 Commuter Line Jatinegara – Bogor terguling di kawasan Kebon Pedes, Bogor, Jawa Barat. Sebanyak 3 kereta dari rangkaian 8612 yang berdinas sebagai KA ini terguling. Kereta terguling sekitar pukul 10 pagi.

Bagian depan kereta 8612 hancur akibat menghantam tiang penyangga listrik aliran atas. Petugas di kereta bersama warga di sekitar lokasi berusaha menyelamatkan penumpang yang terjebak di dalam kereta.

Kabin di kereta 8612 yang rusak berat akibat tertimpa tiang LAA

Kereta penolong milik Dipo Bukit Duri dan Jatinegara serta Crane Gottwald dari Cirebon dan Kirow dari Bandung diturunkan untuk mengevakuasi rangkaian yang terguling. Hingga berita ini diturunkan proses evakuasi masih berlangsung.

Tim dari KCI, TNI, Polisi, BPBD, PMI, dan pemadam kebakaran diturunkan untuk mengevakuasi rangkaian kereta. Belum diketahui penyebab tergulingnya KA 1722. Sebanyak 17 orang terluka dalam peristiwa ini. Korban luka kemudian dibawa ke Rumah Sakit PMI Bogor dan Rumah Sakit Salak. Akibat peristiwa ini perjalanan KRL Commuter Line dipotong hanya sampai Stasiun Cilebut.

Kecelakaan yang terjadi di perlintasan juga mengakibatkan arus lalu lintas di Jl. Dadali macet karena Jl. Raya Kebon Pedes tertutup rangkaian. Rangkaian yang selamat ditarik ke Dipo Depok menggunakan KRD NR milik Dipo Bukit Duri pada pukul 2 siang.

Kereta 8912 sedang dievakuasi.

Update: Crane Kirow tiba dari Bandung pukul 17:49 dengan ditarik lokomotif CC 203 98 10. Proses evakuasi dimulai setelah Adzan Maghrib. Sementara pada pukul 19:13 kereta 8912 atau kereta 3 berhasil dievakuasi. Kereta 8612 atau kereta terakhir selesai dievakuasi sekitar pukul 4 dini hari.

Kereta 2 dan 3 dibawa ke Dipo Depok sedangkan kereta 1 dibawa ke Stasiun Bogor. Saat ini petugas tengah fokus memperbaiki jaringan LAA dan jalur yang rusak.

Jalur Cilebut – Bogor sudah kembali dibuka sekitar pukul 3 sore. KA 1522 menjadi kereta pertama yang melintas di lokasi pasca kecelakaan.

(RED/BTS, Akashiro, MPSCLFJRN, IHF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×