Rangkaian KFW Mulai Dikirim Pulang ke Madiun

Pengiriman kembali rangkaian KFW TS9 saat melintas di daerah Pemalang | picture by: Mochamad Bagus Satria

[29/3]. Setelah hampir 8 tahun mengabdi di Jabodetabek, si “der oranje” KFW akan segera mengakhiri masa tugasnya. Bukan dirucat, melainkan dipulangkan ke kampung halamannya di Madiun. Pengiriman kembali rangkaian KFW dari Jakarta ke Madiun telah dimulai. Rangkaian pertama yang dipulangkan adalah rangkaian KFW set 9 atau K3 1 11 33-36.

Pemulangan dilakukan melalui jalur rel dengan ditarik lokomotif CC 206 13 71 serta digandeng dengan 1 unit kereta eksekutif dan 1 kereta pembangkit untuk membantu pengereman kereta serta mengangkut kru dan petugas. Perjalanan berangkat dari Manggarai pada Rabu tengah malam.

Rangkaian melintas di Tegal pada Kamis siang dan tiba di Semarang pada sore harinya. Rangkaian tiba di Solo pada malam harinya dan diperkirakan tiba di Madiun pada Jumat pagi. Perjalanan pengiriman kembali rangkaian KFW set 9 dibatasi hanya 30 km/jam. Pengiriman rangkaian KFW dari Dipo Depok dan Dipo Bukit Duri ke Madiun akan dilakukan secara bertahap, termasuk yang berdinas di Lintas Priok.

Wacana penghentian operasional KFW dari Jabodetabek dan pemulangannya ke Madiun sudah berhembus sejak tahun lalu. Wacana tersebut diperkuat dengan terbitnya pengumuman rencana revitalisasi 40 unit KRL KFW oleh Kemenhub pada November 2018 lalu. Rangkaian KFW yang dipulangkan nantinya akan menjalani perawatan dan perbaikan di PT INKA.

Belum diketahui apakah rangkaian yang dipulangkan ini akan dikembalikan ke Jabodetabek atau tidak. Namun ada rumor yang beredar kalau rangkaian KFW yang dipulangkan dan selesai diperbaiki akan berdinas sebagai KRL di rute Solo – Yogyakarta bersama rangkaian Holec AC Repowering yang sudah dipulangkan terlebih dahulu.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: