Bentrokan di Tanah Abang, Angkutan Umum di Jakarta Jalankan Rekayasa Operasional

formasi terbaru krl
KRL seri 203 rangkaian BOO109, dengan posisi kereta pengikut yang digeser menempel kabin utama

[22/5]. Bentrokan antara massa aksi di Kantor Bawaslu dengan polisi pecah di kawasan Pasar Tanah Abang pada malam hari tadi. Kerusuhan yang terjadi menyebabkan sejumlah angkutan umum yang beroperasi terpaksa dialihkan atau dihentikan operasionalnya. Salah satunya adalah KRL Commuter Line Lintas Lingkar dan Lintas Kulon.

PT KCI memotong relasi perjalanan KRL Lintas Kulon dan KRL Lintas Lingkar pada hari ini. Hal tersebut disampaikan oleh pihak KCI melalui press releasenya pagi ini.  Pemotongan dilakukan karena kondisi di kawasan Tanah Abang yang masih belum kondusif pasca bentrokan tadi malam.

Perjalanan KRL Lintas Kulon dipotong hanya sampai Kebayoran dan perjalanan KRL Lintas Lingkar dipotong hanya sampai Manggarai. Stasiun Tanah Abang, Palmerah, Sudirman, dan Karet untuk sementara tidak melayani aktifitas naik dan turun penumpang KRL. Sementara untuk lintas lainnya perjalanan tetap normal seperti biasanya.

Tak hanya Commuter Line, moda transportasi lain di Jakarta pun juga terdampak bentrokan yang terjadi hingga siang ini. Transjakarta memotong rute, mengalihkan, serta menghentikan operasional bus di sejumlah koridor dan rute yang melintas di daerah MH Thamrin dan Tanah Abang.

Rute yang busnya dihentikan di antaranya adalah GR1, GR2, DA2, Bus Wisata Jakarta Explorer, Jak 7, Jak 10, Jak 11, Jak 12, Jak 14, Koridor 8C, Koridor 1B, Koridor 1F, dan Koridor 3F. Rute bus yang dialihkan di antaranya adalah Koridor 1,  Koridor 5A, Koridor 4C, dan Koridor 4A. Sedangkan rute bus yang dipotong di antaranya adalah Koridor 8K, Koridor 1H, Koridor 1R, Koridor 5F, Koridor 8C, Koridor 1N, Koridor 6A, Koridor 6B, rute S41, dan Koridor 13C.

MRT Jakarta menutup Stasiun Bundaran HI dari aktifitas naik dan turun penumpang mulai pukul 13:30 sampai pukul 24:00 pada hari ini untuk alasan keamanan. Aktifitas naik dan turun penumpang di Stasiun Bundaran HI sementara dialihkan ke Stasiun Dukuh Atas.

Aksi di depan Kantor Bawaslu juga membuat PT KAI memberhentikan perjalanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir di Stasiun Jatinegara untuk mengakomodasi penumpang yang tak bisa naik dari Stasiun Gambir karena jalan di sekitar Kantor Bawaslu ditutup pada hari ini. Sedangkan untuk operasional Kereta Bandara Soekarno Hatta tetap normal.

(RED/BTS)

Update:

Mulai pukul 19:00 Stasiun Dukuh Atas BNI ditutup dari aktifitas naik dan turun penumpang MRT. Pukul 21:00 Stasiun Setiabudi Astra ditutup. Pukul 21:30 seluruh stasiun bawah tanah MRT ditutup dari aktifitas naik dan turun penumpang.

Kamis pagi Stasiun Sudirman, Karet, Tanah Abang, dan Palmerah kembali dibuka untuk aktifitas naik turun penumpang. Operasional KRL Lintas Lingkar kembali normal.

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: