Berita KADebutIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Akhirnya, KRL seri 205 Jalur Musashino Beroperasi dengan Formasi 12 Kereta

(24/5) – Seperti yang kita ketahui, KRL seri 205 merupakan tipe KRL dengan formasi yang mudah diutak-atik dan diubah-ubah. Tak terkecuali dengan KRL seri 205 Jalur Musashino, meskipun berbeda traksi namun tetap dapat dengan mudah diubah formasinya.

Jalur Musashino
Rangkaian KRL seri 205-43 saat berdinas KA 1119

Demi meningkatkan pelayanan kepada penumpang, Kereta Commuter Indonesia (KCI) Merekayasa formasi KRL seri 205 terbarunya dengan mengubahnya dari 8 kereta menjadi 12 kereta. Berbeda dengan KRL seri 205 Jalur Yokohama, perubahan formasi KRL seri 205 Jalur Musashino ini memerlukan beberapa penyesuaian.

Pada perubahan formasi, kali ini KRL seri 205 Jalur Musashino menggunakan formasi 8+4 dan 12 kereta. Kemarin (23/5) telah dilakukan proses perubahan formasi pada KRL seri 205 Rangkaian DP43, DP50, dan DP57. Perubahan formasi ini meliputi penyeragaman komposisi kelistrikan dari semula MG-SIV menjadi MG-MG maupun SIV-SIV.

Jalur Musashino
Formasi KRL seri 205 yang telah diubah

Yang membedakan program perubahan formasi kali ini adalah tanpa didahului dengan ujicoba lintas terlebih dahulu melaikan langsung berdinas melayani penumpang dikarenakan kekurangan rangkaian 12 kereta pada lintas central. Bisa juga dikatakan program perubahan formasi KRL ini kejar tayang.

Jalur Musashino
KRL seri 205 Rangkaian DP 50 + 57 saat berdinas KA 1119

Rencananya, seluruh rangkaian KRL seri 205 Jalur Musashino akan diubah formasinya menjadi 12 kereta secara bertahap dan akan memenuhi kebutuhan formasi 12 kereta untuk lintas Jabodetabek sekaligus menggantikan dinasan dari KRL lain dengan formasi yang lebih pendek. Well, mari kita tunggu kelajutannya.

RED | Akashiro_


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Saddam Hasan Fauzan

Just a person who love to take some photo of train & models also Cinematic Train content

One thought on “Akhirnya, KRL seri 205 Jalur Musashino Beroperasi dengan Formasi 12 Kereta

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×