Masih Warna Asli, KRL Seri 205 Jalur Musashino Pengapalan Keempat Diujicobakan

Musashino
KRL seri 205 rangkaian eks KeYo M16 dengan warna asli Musashino

(6/5) – Seperti supir angkot sedang kejar setoran, lima rangkaian KRL seri 205 dari Jalur Musashino yang baru saja datang akhir April lalu secara bergantian mulai diujicobakan. Dengan dua rute Depok-Manggarai (PP) dan Manggarai-Bogor-Depok, rangkaian program ujicoba dinamis ini dimulai sejak Sabtu (4/5) lalu.

Rangkaian eks KeYo M34 menjadi pembuka ujicoba pada Sabtu (4/5) lalu, dengan rute ujicoba Depok-Manggarai (PP). M34 tampil dengan sebagian kecil strip samping sudah menggunakan warna KCI, sementara sebagian besar masih asli warna Musashino.

Musashino
KRL seri 205 rangkaian “Getemono” M32 di Stasiun Depok | foto: Rakha Haripahlawan

Ujicoba berlanjut esok harinya (5/5) dengan rangkaian “Getemono” M32 menjadi rangkaian kedua yang diujicoba dengan rute Manggarai-Bogor-Depok dengan strip asli Musashino tanpa strip KCI sama sekali. Rangkaian M32 merupakan rangkaian unik dengan susunan aneh, yaitu tiga kereta dengan kaca pintu kecil – empat kereta dengan kaca pintu besar – satu kereta dengan kaca pintu kecil.

Hal ini disebabkan karena pasangan kereta motor MM’5064 merupakan eks kereta motor 205-393 dan 204-392 milik rangkaian M61 yang berubah menjadi M35. Hal ini pula yang menjadi ihwal penyebutan M32 dengan julukan “Getemono” di kalangan pecinta kereta api di Jepang.

Musashino
Tampak samping KRL seri 205 rangkaian eks KeYo M16

Ujicoba berlanjut lagi di hari Senin ini (6/5) dengan rangkaian M10 dan M16, yang keluar dari Depok dan Manggarai. M16 tampil dengan strip asli seperti pada uji coba M32.

Terakhir, rangkaian M12 akan diujicobakan pada Selasa (7/5) esok. Berbeda dari rangkaian lainnya, M12 akan menggunakan seragam KCI dan tidak lagi menggunakan seragam Musashino.

Cepatnya waktu ujicoba ini disinyalir agar kelima rangkaian ini segera memperkuat jumlah rangkaian siap operasi, serta menggantikan beberapa jenis rangkaian KRL yang disebut-sebut akan pensiun atau menggantikan rangkaian KRL yang akan melakukan perbaikan.

Menurut Direktur Teknik KCI Jhon Robertho, seluruh rangkaian KRL seri 205 jalur Musashino rencananya akan diubah formasinya menjadi 12 kereta. Namun kapan implementasinya masih belum diketahui.

Setelah ujicoba ini, kelima rangkaian akan melanjutkan make-up sebelum nantinya diujicoba bersama Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan sertifikasi sebelum bisa berdinas reguler. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: