KRDI Way Umpu Tiba Di Jakarta

Way Umpu
Rangkaian KRDI Way Umpu dengan lokomotif CC2018903 di Stasiun Pasoso | foto: Martinus Erico

(18/5) – Bertukaran dengan kereta stainless steel rangkaian ke-35 dan ke-36 yang merupakan kelas campuran untuk KA Sriwijaya, rangkaian KRDI K3 3 11 05-08 yang awalnya digunakan untuk layanan KRD Way Umpu di Divisi Regional (Divre) IV Lampung tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (17/5).

Rangkaian kedua KRDI AC yang dibuat oleh PT INKA dan dipesan oleh Kementerian Perhubungan ini dihentikan operasionalnya dari Divre IV setelah 8 tahun. Way Umpu adalah pasangan dari Seminung yang sehari-harinya melayani rute komuter suburban Tanjung Karang-Kotabumi (PP) sejauh sekitar 80 kilometer.

KRDI Way Umpu berlayar dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Tanjung Priok dengan menumpang landing craft tank (LCT) Bintang Samudera 02. Way Umpu kemudian dipindahkan ke rel melalui terminal 1 Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan truk trailer menuju Stasiun Pasoso.

Way Umpu
Muka KRDI Way Umpu | foto: Martinus Erico

Di Pulau Jawa, rencananya KRDI ini akan diperbaiki di Balai Yasa Yogyakarta. Setelahnya, KRDI ini akan menjadi rangkaian cadangan untuk layanan KA bandara Yogyakarta yang baru saja dibuka.

Saat ini, KRDI Way Umpu masih berada di dipo lokomotif Tanah Abang sebelum nantinya dikirimkan ke Balai Yasa Yogyakarta. Belum ada informasi mengenai kapan KRDI Way Umpu akan dikirim ke luar Jakarta. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: