Lokomotif Uap “Big Boy” Hidup Lagi!

big boy
Lokomotif uap Big Boy nomor 4014 dengan lokomotif uap FEF-3 nomor 844 dan lokomotif diesel EMD SD70AH nomor 8937 sebagai penghela kereta spesial peringatan 150 tahun kereta api antar benua melintasi wilayah Hanna, Wyoming, 4 April 2019 | foto: Jim Wrinn/Trains Magazine

(5/5) – Sebuah sejarah tercipta di awal Mei 2019 di Amerika Serikat. 60 tahun lamanya tidak ada lokomotif uap berartikulasi dengan susunan roda 4-8-8-4 menapaki jalan baja di Amerika, akhirnya penantian itu selesai ketika lokomotif uap milik perusahaan Union Pacific (UP) yang biasa dipanggil dengan sebutan “Big Boy” (Bocah Besar) tersebut kembali berjalan dengan tenaga uapnya sendiri 1 Mei yang lalu.

Lokomotif Big Boy awalnya dipesan untuk menyelesaikan masalah pada lokomotif Challenger yang tidak bisa menembus pegunungan Wasatch di Utah tanpa berjalan traksi ganda dalam menghela kereta api barang seberat 3600 ton. Lokomotif Big Boy memiliki susunan roda berartikulasi, seperti desain lokomotif Mallet, meskipun tidak memiliki penggabungan seperti Mallet. Big Boy dibuat dengan margin keandalan dan keamanan yang luas, dan biasanya beroperasi di bawah 60 mil/jam (100 km/jam) dalam layanan KA barang. Bahkan, Big Boy dirancang agar bisa berjalan dengan lancar dan aman dengan kecepatan 80 mil/jam (130 km/jam) meskipun tidak dimaksudkan untuk digunakan secepat itu.

Jalan panjang menuju restorasi

Lokomotif bernomor 4014 itu telah menjalani proses yang panjang sebelum akhirnya hidup kembali. Lokomotif ini dibuat oleh American Locomotive Company (ALCo) dan diserahkan kepada UP pada bulan Desember 1961, di mana lokomotif ini kemudian beroperasi selama 20 tahun hingga 21 Juli 1959 sebelum dipensiunkan. 4014 kemudian disumbangkan kepada Masyarakat Sejarah Kereta Api dan Lokomotif, dan kemudian dikirim ke Fairplex di Pomona, California untuk dipajang. Lokomotif 4014 tiba di Fairplex pada 8 januari 1962 dan terdiam membisu setelahnya.

UP awalnya mengumumkan untuk mengambil kembali satu lokomotif Big Boy pada akhir 2012 dan merestorasi lokomotif tersebut ke kondisi operasional. Juli 2013, Masyarakat Sejarah Kereta Api dan Lokomotif menyetujui untuk mengembalikan lokomotif 4014 yang sejak 1962 telah dipajang di Fairplex. November 2013, lokomotif 4014 mulai digeser dari tempatnya dipajang ke dekat jalur kereta api milik Metrolink untuk persiapan dikirim menuju bengkel milik UP. Pada akhirnya, lokomotif 4014 digandeng dengan lokomotif EMD SD70ACe nomor 1996 milik UP yang menggunakan livery heritage Southern Pacific pada 26 Januari 2014. Selanjutnya, lokomotif ini memulai perjalanan dari California ke bengkel uap milik UP di Cheyenne, Wyoming.

 

 

View this post on Instagram

 

Ed Dickens and Union Pacific Chairman Lance Fritz prepare for departure from Cheyenne on Big Boy #UP4014. #Transcon150

A post shared by Union Pacific (@uprr) on

Restorasi

big boy
Kereta api pengiriman lokomotif Big Boy 4014 di Gurun Mojave | foto: Drew Haliverson/Trains Magazine

Pada 28 April 2014, lokomotif 4014 dikirimkan dari California dibantu dua lokomotif EMD SD70M milik UP, nomor 4014 yang sama dengan nomor milik Big Boy di bagian depan dan nomor 4884 yang merupakan susunan gandar Big Boy pada bagian belakang. Perjalanan dari California menuju Wyoming memakan waktu 10 hari. Big Boy 4014 akhirnya tiba di Wyoming pada 8 Mei 2014. Lokomotif SD70M nomor 4014 kemudian diubah nomornya menjadi 4479, agar nomor 4014 dapat dipakai kembali oleh Big Boy.

Setibanya di Wyoming, lokomotif ini tidak langsung direstorasi. Restorasi baru dimulai pada Agustus 2016. Di antara tugas yang harus dilakukan selama restorasi adalah mengubah sistem pembakaran lokomotif, dari pembakaran batu bara menjadi pembakaran minyak dengan jenis minyak nomor 5, mirip dengan lokomotif “Challenger” nomor 3985 dan lokomotif FEF-3 nomor 844.

big boy
Melintasi Bukit 152 di Cajon Pass, 28 April 2014 | foto: Drew Haliverson/Trains Magazine

Selama restorasi, roda penggerak 4014 dikirim ke Strasburg Rail Road di Strasburg, Pennsylvania, untuk diperbaiki. Pintu-pintu pembakaran batu bara diganti dengan wajan api dan pembakar minyak sebagai bagian dari konversi menjadi pembakaran minyak. Pada bulan Maret 2018, proses penyusunan kembali lokomotif telah dimulai. Dan sepuluh bulan kemudian, restorasi lokomotif hampir selesai.

Big Boy itu hidup lagi

big boy
Uji coba pertama Big Boy di Hari Buruh Internasional 1 Mei 2019 | foto: Jim Wrinn/Trains Magazine

4014 berhasil diuji pembakaran pada 9 April 2019, dan pada 1 Mei, ia akhirnya bergerak di bawah kekuatannya sendiri untuk pertama kalinya dalam 60 tahun. Hari berikutnya, 4014 meninggalkan Cheyenne pada uji coba pertamanya. 4014, bagaimanapun, tidak mencapai tujuan yang direncanakan di Greeley, Colorado. Lokomotif berhenti di Carr, Colorado, selama sekitar 45 menit inspeksi, perbaikan, dan penyesuaian pada roda gigi berjalannya. Uji coba berlanjut ke selatan ke Nunn, Colorado selama beberapa waktu dan kemudian berbalik untuk kembali ke Cheyenne.

 

View this post on Instagram

 

On May 1, Big Boy #up4014 backed out of the UP Steam Shop under its own steam power for the first time. #transcon150

A post shared by Union Pacific (@uprr) on

Perjalanan tamasya 4014 yang pertama dimulai pada Mei 2019 selama “The Great Race to Ogden”. Setelah upacara pembaptisan pukul 9:30 pagi pada tanggal 4 Mei di Cheyenne Depot yang bersejarah, lokomotif berangkat dengan 844 menuju Ogden, Utah, membuat beberapa perhentian singkat di komunitas-komunitas di sepanjang jalan. Kedua lokomotif diharapkan tiba di Ogden pada 9 Mei, di mana mereka berdua akan berpartisipasi dalam acara yang disiarkan langsung pada pukul 10:30 pagi (Waktu Gunung GMT-7) di halaman Facebook Union Pacific. Setelah acara berakhir, kedua lokomotif akan melakukan perjalanan kembali ke Cheyenne.

UP juga berencana untuk menjalankan 4014 sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke 150 dari penyelesaian kereta api antar benua pertama, yaitu perjalanan satu arah pada 10 Mei 2019, menarik beberapa kereta penumpang armada heritage milik UP untuk memberi keuntungan pada museum kereta api di Stasiun Union Ogden.

Beroperasi kembalinya lokomotif Big Boy juga sekaligus telah menggantikan posisi lokomotif Challenger 3985, juga milik UP, sebagai lokomotif uap terbesar di dunia yang masih beroperasi. Selanjutnya 4014 akan sering melakukan perjalanan tamasya uap. 4014 akan menggantikan 3985 yang akan diperbaiki selama 2-3 tahun tahun sejak 2019 hingga 2021 atau 2022. (RED/MPF)

 

 

 

 

 

 

 

 

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: