Tiongkok Perlihatkan Purwarupa Maglev Kecepatan Tingginya

maglev tiongkok
Purwarupa maglev yang dipamerkan kepada publik di Qingdao | Xinhuanet

[25/5]. Persaingan di dunia kereta cepat sepertinya semakin ketat saja. Setelah Jepang terlebih dulu mengujicoba rangkaian maglev eksperimental mereka, Tiongkok memamerkan purwarupa maglev kecepatan tingginya kepada publik. Purwarupa maglev kecepatan tinggi ini diperlihatkan kepada publik di Kota Qingdao, Provinsi Shandong pada Rabu kemarin.

Dua unit maglev berwarna biru yang dipamerkan berhasil menarik perhatian masyarakat Kota Qingdao.  Tak lupa sebagian dari mereka mengambil swafoto baik di luar maupun di dalam kereta. Satu set rangkaian purwarupa ini terdiri atas 5 kereta.

Bentuk purwarupa maglev kecepatan tinggi buatan Tiongkok ini jauh berbeda dibandingkan dengan purwarupa maglev buatan Jepang. Purwarupa Tiongkok memiliki hidung yang lebih lancip dari purwarupa maglev terbaru Jepang, JR Maglev MLX01.

Interior kereta didominasi warna coklat untuk memberikan kesan adem dan nyaman. Lantai kereta dilapisi karpet untuk membuat suara di dalam kereta lebih redam.

Tampak interior kereta Maglev kecepatan tinggi buatan Tiongkok | Xinhuanet

Ding Sansan, ketua tim penelitian dan pengembangan kereta sekaligus kepala deputi teknisi CRRC Qingdao Sifang mengatakan pengembangan kereta maglev kecepatan tinggi ini memerlukan waktu 3 tahun. Dari riset yang dilakukan, dihasilkan material yang ringan namun kuat yang digunakan pada purwarupa kereta.

Ding mengatakan selama masa uji coba dan pengembangan hampir tidak ditemui adanya masalah. Dirinya mengatakan kondisi kereta sangatlah baik dan dapat melayang di jalur dengan stabil. Kereta maglev ini dirancang dapat melaju dengan kecepatan 600 km/jam, 3km/jam lebih lambat dari purwarupa maglev Jepang.

Rencananya maglev kecepatan tinggi ini akan mulai diproduksi massal pada 2020 dan mulai beroperasi pada 2021 setelah menjalani serangkaian uji coba dan sertifikasi. Guna mewujudkan hal tersebut, CRRC Qingdao Sifang akan membangun pusat uji coba dan produksi maglev yang rencananya akan rampung pada paruh kedua tahun ini.

(RED/BTS)

Xinhuanet

CNN

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: