Inggris Pertimbangkan Bangun MRT di Surabaya

Ilustrasi London Underground | Thenextweb

[18/6]. Pemerintah Inggris menyiapkan dana sebesar Rp 52 triliun untuk investasi pembangunan MRT fase 3 dan 4. Selain Jakarta, pihak Inggris mempertimbangkan untuk membangun MRT di dua kota besar lainnya di Pulau Jawa yakni Bandung dan Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa mengatakan dirinya telah tiga kali berbicara dengan investor dari luar negeri yang ingin membangun jaringan MRT di Jawa Timur. Yang pertama dengan Perancis, yang kedua dengan konsorsium Thailand – Jepang, dan terakhir dengan Inggris.

Khofifah mengatakan di pertemuan dengan Dubes Inggris Moazzam Malik pihak Inggris menyatakan telah menyiapkan dana sebesar Rp 52 triliun untuk diinvestasikan pada proyek MRT Jakarta fase 2, fase 3, dan fase 4. Pihak Inggris juga menawarkan pembangunan MRT di Bandung serta di Surabaya.

Bersama ketiga pihak tersebut, Khofifah mengatakan telah menjelaskan masterplan dari Gerbangkertosusila jika memang proyek MRT jadi dilaksanakan. Khofifah juga mengatakan pelaksanaan proyek Gerbangkertosusila sangatlah mendesak mengingat lalu lintas di kawasan Surabaya dan sekitarnya semakin padat setiap harinya. Khofifah menawarkan pembangunan di rute lingkar dalam dan lingkar luar Surabaya kepada Inggris.

Selain MRT, Khofifah mengatakan pihaknya juga mendesak operator untuk menambah intensitas kereta komuter di rute-rute padat seperti Jombang – Surabaya, Malang – Surabaya, Pasuruan – Surabaya, dan Tuban – Surabaya. Bahkan dirinya mengatakan Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan anggaran untuk perpanjangan rute kereta komuter dan Pemkab Gresik berencana untuk membangun stasiun baru.

(RED/BTS)

Suara Surabaya

Satu tanggapan untuk “Inggris Pertimbangkan Bangun MRT di Surabaya

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: