Berita KAIndonesiaKereta Api

Inggris Pertimbangkan Bangun MRT di Surabaya

Ilustrasi London Underground | Thenextweb

[18/6]. Pemerintah Inggris menyiapkan dana sebesar Rp 52 triliun untuk investasi pembangunan MRT fase 3 dan 4. Selain Jakarta, pihak Inggris mempertimbangkan untuk membangun MRT di dua kota besar lainnya di Pulau Jawa yakni Bandung dan Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa mengatakan dirinya telah tiga kali berbicara dengan investor dari luar negeri yang ingin membangun jaringan MRT di Jawa Timur. Yang pertama dengan Perancis, yang kedua dengan konsorsium Thailand – Jepang, dan terakhir dengan Inggris.

Khofifah mengatakan di pertemuan dengan Dubes Inggris Moazzam Malik pihak Inggris menyatakan telah menyiapkan dana sebesar Rp 52 triliun untuk diinvestasikan pada proyek MRT Jakarta fase 2, fase 3, dan fase 4. Pihak Inggris juga menawarkan pembangunan MRT di Bandung serta di Surabaya.

Bersama ketiga pihak tersebut, Khofifah mengatakan telah menjelaskan masterplan dari Gerbangkertosusila jika memang proyek MRT jadi dilaksanakan. Khofifah juga mengatakan pelaksanaan proyek Gerbangkertosusila sangatlah mendesak mengingat lalu lintas di kawasan Surabaya dan sekitarnya semakin padat setiap harinya. Khofifah menawarkan pembangunan di rute lingkar dalam dan lingkar luar Surabaya kepada Inggris.

Selain MRT, Khofifah mengatakan pihaknya juga mendesak operator untuk menambah intensitas kereta komuter di rute-rute padat seperti Jombang – Surabaya, Malang – Surabaya, Pasuruan – Surabaya, dan Tuban – Surabaya. Bahkan dirinya mengatakan Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan anggaran untuk perpanjangan rute kereta komuter dan Pemkab Gresik berencana untuk membangun stasiun baru.

(RED/BTS)

Suara Surabaya

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Inggris Pertimbangkan Bangun MRT di Surabaya

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×