Fakta KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Begini Tampilan Baru Armada KCI di Tahun 2019

tampilan baru
KRL seri 6000 rangkaian 6115F, salah satu rangkaian KRL KCI pertama yang mengenakan livery spesifikasi 2019

Kalian hidup di sekitar jalur kereta listrik (KRL) di Jabodetabek? Pasti kalian menyadari bahwa beberapa rangkaian KRL milik Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah memiliki tampilan baru yang berbeda dari biasanya.

Tampilan baru ini tentu sedikit lebih segar dari sebelumnya. Selain lebih segar, tampilan baru ini juga lebih ringkas meskipun bagi yang baru pertama kali menyadarinya akan merasa tidak biasa.

Sejak awal 2019, KCI mengubah sedikit livery khas mereka yang telah dan masih digunakan sejak 9 tahun silam. Sebelumnya, KCI juga telah merubah sedikit desain livery khas ini pada tahun 2017 yang lalu. Pada saat itu, ukuran pita bagian samping atas diperkecil, dan ukuran pita samping tengah diperbesar, mengikuti pola pita pada KRL-KRL eks JR East.

Eksterior, bagian yang pasti terlihat

Tampilan baru
KRL seri 205 rangkaian BOO142, KRL seri 205 pertama yang selesai menjalani program perawatan akhir lengkap (PAL) KRL tahun 2019 pada bulan April 2019 di Dipo KRL Depok

Di tahun 2019 ini, KCI mengubah sedikit desain livery khas tersebut dengan menghilangkan bagian diagonal pada sekitar pintu kabin masinis. Maraknya pemasangan iklan body branding pada kereta berkabin disinyalir menjadi penyebab perubahan desain livery ini.

Selain itu, cat warna merah yang digunakan juga lebih terang. Warna merah terang ini terlihat lebih baik dibanding warna merah gelap yang biasa digunakan. Sayangnya, warna merah terang ini akan sangat menyilaukan jika memantulkan cahaya matahari. Selain menyilaukan, juga dapat mengganggu bahkan merusak penglihatanmu.

Warna komponen rangka bawah pun diubah. Di tahun-tahun sebelumnya, KCI menggunakan warna krem seperti warna interior KRL ekonomi Rheostatik untuk komponen rangka bawah. KCI juga sempat menggunakan warna biru telur asin pada KRL-KRL seri 6000 kedatangan 2017. Di tahun 2019 ini, KCI kembali menggunakan warna biru telur asin untuk komponen rangka bawah, namun dengan tone yang lebih gelap sehingga mendekati abu-abu.

Tampak samping KRL seri 205 rangkaian BOO142, memperlihatkan bentuk livery lebih detail

Awalnya, tampilan baru ini hanya diterapkan pada KRL-KRL yang menjalani program perawatan akhir lengkap (PAL) baik di Balai Yasa Manggarai maupun di Dipo KRL Depok mulai Januari 2019. Namun, lima rangkaian KRL seri 205 jalur Musashino pengapalan keempat ternyata juga menggunakan tampilan baru ini.

Pasti bertambah

Tampilan baru
KRL seri 05 rangkaian 05-105F, salah satu dari empat rangkaian KRL seri 05 yang telah menggunakan tampilan baru | foto: Firhan Yuananta Surya
tampilan baru
KRL seri 205 rangkaian DP43, salah satu dari lima rangkaian KRL seri 205 jalur Musashino yang menggunakan tampilan livery baru

Hingga 1 Juni 2019, terdapat 14 rangkaian KRL yang telah mengenakan tampilan livery baru KCI ini. Ke-14 rangkaian KRL tersebut terdiri dari tujuh rangkaian KRL seri 205 (DP14, DP16, DP43, DP50+57, BOO42, BOO141, BOO142), tiga rangkaian KRL seri 6000 (6115F, 6119F, 6127F), dan empat rangkaian KRL seri 05 (05-104F, 05-105F, 05-110F, 05-112F).

Jumlah ini masih akan bertambah seiring kedatangan KRL seri 205 jalur Musashino atau seiring berjalannya program PAL tahun 2019. Di antara rangkaian-rangkaian yang nantinya akan mengenakan tampilan livery baru ini adalah KRL seri 205 rangkaian eks KeYo M14 dan M35. Selain kedua rangkaian baru tersebut, tentunya 14 rangkaian KRL lain yang telah diprogramkan untuk menjalani PAL namun belum menjalani PAL tahun 2019 akan mengenakan tampilan livery baru tersebut.

Interior pun memiliki tampilan baru

Tampilan baru
Motif pelapis jok KRL PAL 2019 dengan gambar KRL seri 8500 rangkaian 8613F “Jalita” yang sudah tiada, dengan motif lain yang mengikuti motif pelapis kursi milik KRL seri 205 di Jepang

Tidak hanya pada eksterior KRL, interior KRL pun tidak lepas dari tampilan baru. Seluruh pelapis kursi diganti dengan motif baru yang mengingatkan kita akan motif asli pelapis kursi KRL seri 205 bawaan Jepang. Warna hijau terang untuk kursi normal, dan warna merah garis abu-abu untuk kursi prioritas.

Bedanya dengan motif bawaan Jepang, motif KCI memiliki gambar muka KRL seri 8500 rangkaian 8613F yang lebih kita kenal dengan nama “Jalita” dengan livery “Ultraman” khasnya yang merupakan livery rangkaian KRL tersebut saat baru beroperasi. Ini menjadi bukti bahwa KCI sangat menghargai sejarah, meskipun “Jalita” kini sudah tidak berwujud karena telah dibesituakan di Stasiun Cikaum, Subang, Jawa Barat pada tahun 2017 yang lalu.

Bagaimana menurutmu tentang tampilan baru KRL Commuter Line Jabodetabek ini? (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

3 komentar pada “Begini Tampilan Baru Armada KCI di Tahun 2019

  • Bayu

    Min, kok pelapis jok krl di PAL pada September 2020 sampai keatas kok ngawur pakai jok spek tahun 2018 yaitu jok berwarna biru pada kursi biasa dan merah pada kursi prioritas dan kursi wanita, min? Tuh, Tokyu 8510, TM 6022, TM 6020, TM 6021, dan TM 6029 (Hari ini ujicoba) pakai livery KCI 2020 versi lama

    Balas
  • Bayu

    Untuk PAL KRL besok, tolong pakai spek livery KAI Commuter pada tahun 2020 yang dipasang pada rangkaian SLO9 dan SLO32 dan buktinya departemen KAI Commuter cuma ngomong doang untuk mengubah liverynya kayak JR 205 yang dikirim ke Srowot ke seluruh armada yang berada di Jabodetabek dan buktinya TM 6029 masih menggunakan spek 2020 yang digunakan September 2020 yang bentuknya butut dan aku puas sama TM 05 set 110 yang menggunakan livery baru tahun 2020 dan penampil tujuannya dibetulin tuh, min

    Balas
  • Bayu

    Sayangnya, setelah di PAL tahun 2019, sebagian logo KRL-nya dicopot, seperti rangkaian 6119, 6117, dan BOO128 dan PAL pada tahun 2020 sama, dicopot logonya juga

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×