Rangkaian Pertama KRD Filipina Mulai Menampakkan Diri

krde pnr
Rangkaian KRD pesanan PNR saat dilangsir di workshop INKA | picture by: Ardhiyonda Putra

[2/7] – Setahun setelah desainnya dirilis, rangkaian KRD pesanan Filipina mulai menampakan diri. Kemarin rangkaian KRDE Filipina dilangsir keluar workshop PT INKA di Madiun. Rangkaian yang muncul merupakan rangkaian pertama dari 4 rangkaian KRD yang dipesan Filipina ke INKA.

Secara fisik rangkaian KRD pesanan Filipina terlihat sama persis seperti rangkaian KRDE seri ME204 milik KAI yang dioperasikan sebagai KA Bandara Minangkabau, KA Bandara Yogyakarta, dan KA Solo Ekspres. Namun, KRD ini ternyata memiliki transmisi hidrolik dan bukan elektrik seperti milik KAI. Selain itu, lampu tanda akhiran kereta juga diletakkan di sebelah lampu kabut, di mana pada KRDE seri ME204 seluruh lampu pada bagian kabin adalah lampu biasa.

Sama seperti desainnya, bagian depan kereta diberi warna hitam, putih, dan oranye serta cowcatcher diberi warna oranye. Sedangkan bagian sampingnya diberi warna dominan putih dengan tiga garis strip biru di bagian bawah kereta dan strip hitam memanjang di jendela. Pintu kereta diberi warna abu-abu.

krde filipina 2
Tampak depan dan samping rangkaian pertama KRD pesanan Filipina | foto: Rellyan Id

Ada yang unik dari rangkaian KRD pesanan Filipina ini. Meskipun rangkaian ini nantinya dioperasikan di luar negeri, namun penomoran keretanya menggunakan penomoran yang digunakan di Indonesia. Seperti pada rangkaian pertama ini menggunakan penomoran K3 3 19 01.

krde pnr 3
Penomoran Indonesia yang digunakan pada rangkaian KRD pesanan Filipina | foto: Rellyan Id

Belum diketahui apakah rangkaian KRD pesanan Filipina ini akan menjalani uji dinamis di Indonesia atau tidak mengingat lebar jalur yang digunakan Filipina dan Indonesia sama yakni 1067 milimeter. Belum diketahui juga kapan rangkaian KRD ini akan dikirimkan ke Filipina dan melalui jalur apa rangkaian akan dikirim ke pelabuhan.

Sebelumnya pada Februari 2018 lalu, Phillipine National Railway memesan sebanyak 4 rangkaian KRD, 3 unit lokomotif, dan 15 unit kereta penumpang komuter kepada INKA. Rencananya rangkaian KRD ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan KRD Hyundai Rotem, KRD KiHa 350, KRD KiHa 52, dan KRL seri 203 yang dipasangi genset dan ditarik lokomotif.

(RED/BTS)

loading...

Satu tanggapan untuk “Rangkaian Pertama KRD Filipina Mulai Menampakkan Diri

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: