Ini Rute-Rute Baru Yang Akan Dibangun MRT Jakarta

mrt jakarta dibangun
Ilustrasi: Kereta MRT rangkaian LBB10 menikung sebelum memasuki Stasiun Fatmawati

(29/7) – MRT Jakarta telah beroperasi sejak Maret lalu. Rute pertama yang dioperasikan MRT Jakarta adalah fase pertama dari Jalur Utara-Selatan antara Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sepanjang 16 kilometer. Sementara itu, pembangunan fase kedua yang akan memperpanjang jalur tersebut menuju Ancol Barat sudah diresmikan sejak 24 Maret 2019 yang lalu. Diproyeksikan jadi tulang punggung transportasi Jakarta di masa depan, jalur-jalur MRT Jakarta akan dikembangkan untuk dibangun melingkupi wilayah Jabodetabek.

Dilansir dari DetikFinance, direktur utama William Sabandar memaparkan bahwa MRT Jakarta akan membangun 230 kilometer jalur yang dibagi menjadi 10 jalur. Pembangunan jalur ini akan dikebut sampai 2030 mendatang. Pembangunan jalur ini akan dilakukan secara paralel, yaitu dengan membangun secara berkelanjutan dengan waktu mulai hampir bersamaan. “Karena kan ada MRT line 1 sampai line 10 untuk 230 km. Itu kita sedang dibantu konsultan Jepang. Kemudian mendesain, keluar angka untuk Jakarta 230 km,” ujarnya.

Masih kajian

10 jalur tersebut merupakan jalur hasil kajian yang dilakukan oleh Jabodetabek Urban Transport Policy Integration Phase 2 (JUTPI 2). JUTPI Phase 2 adalah kerja sama teknis antara pemerintah Indonesia (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian) dan pemerintah Jepang (Badan Kerjasama Internasional Jepang/JICA).

Menurut sekretaris perusahaan Muhammad Kamaludin, jalur-jalur selain Jalur Utara-Selatan (Lebak Bulus-Ancol Barat) dan Timur-Barat (Cikarang-Balaraja) masih dalam bentuk hasil kajian. Belum ada dasar hukum yang menetapkan hasil kajian ini menjadi landasan pembangunan MRT tahap selanjutnya.

Peta jalur masa depan MRT Jakarta menurut hasil kajian JUTPI. Beberapa jalur tidak tampak.

Dari 10 jalur hasil kajian JUTPI, setidaknya terdapat 6 jalur yang melintas ke luar batas wilayah Provinsi DKI Jakarta. Bahkan satu di antaranya sama sekali tidak berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Berikut daftar 10 jalur MRT Jakarta yang mencakup target 230 km jalur baru yang akan dibangun hingga 2030 mendatang:

  • Lebak Bulus-Ancol Barat (MRT 01)
  • Cikarang-Balaraja (MRT 02)
  • Bandara Soekarno Hatta-Kampung Bandan (MRT 03)
  • Cilincing-Lebak Bulus (MRT 04)
  • Karawaci-Senayan-Cawang-Cikarang (MRT 05)
  • Lebak Bulus-Rawa Buntu-Karawaci (MRT 06)
  • Bekasi Utara-Bekasi Selatan (MRT 07)
  • Pluit-Grogol-Kuningan-Depok (MRT 08)
  • Jalur Lingkar Luar Pluit-Kampung Rambutan-Cilincing (MRT 09)
  • Jalur Lingkar Dalam (MRT 10)

(RED/MPF)

loading...

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: