Selamat Berdinas Kembali Bus Transjakarta Hino RK1JSNL

Armada Transjakarta Hino RK1JSNL operator TJ | Foto: Gilang Fadhli, Tim Fotografi Bus Ibukota

[14/07] Setelah hampir empat bulan lamanya tertidur pulas karena grounded, akhirnya bus Transjakarta jenis Hino RK1JSN dioperasikan kembali oleh PT Transjakarta. Pengoperasian kembali ini dilakukan setelah penyebab kebakaran diketahui dan dilakukan pengecekan dan pengujian ulang terhadap seluruh armada Hino RK1JSNL Transjakarta.

Pengoperasian kembali bus jenis Hino RK1JSNL dengan bodi Citouro 12 dari Karoseri New Armada ini dilakukan pada Jumat 12 Juli lalu. Pada tahap awal pengoperasian kembali ini, bus Transjakarta jenis ini dioperasikan di Koridor 13 dan sub-subnya. Berdasarkan informasi yang Tim REDaksi himpun, ada beberapa belas dari 59 armada tersisa yang telah kembali beroperasi.

Tim REDaksi berhasil menaiki armada ini pada hari Sabtu 13 Juli kemarin dengan armada yang Tim REDaksi sempat naiki adalah TJ-467. Dari pengamatan Tim REDaksi, kualitas interior dan perjalanan, serta performansi armada jenis ini masih serupa dengan keadaan sebelum grounded akibat kebakaran.

Sebelumnya, pada 18 Februari lalu terjadi kebakaran yang menimpa armada bus Transjakarta. Armada Transjakarta Hino RK1JSNL dengan nomor TJ-452 terbakar di Pasar Baru pada pukul 20.30. Akibatnya armada jenis ini harus di-grounded sementara selama empat bulan. Dari pemeriksaan oleh KNKT dan PT Transjakarta, ditemukan bahwa instalasi perkabelan menjadi penyebab insiden kebakaran.

Belum diketahui apakah mulai Senin besok Transjakarta jenis ini akan disebar ke koridor-koridor lain atau masih di Koridor 13. Tapi yang pasti, kita berharap insiden kebakaran ini tidak akan terulang lagi.

Referensi:

Detik

RED|Ikko Haidar Farozy

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: