Vossloh Jual Bisnis Lokomotifnya ke CRRC

Lokomotif Eurolight buatan Vossloh | Railjournal

[28/8]. Pabrikan kereta api Tiongkok, CRRC, berencana akan mengakuisisi pabrikan lokomotif asal Jerman, Vossloh. Akuisisi dilakukan setelah Vossloh menjual bisnis lokomotifnya kepada CRRC. Dalam statemen yang dikeluarkannya, pihak Vossloh mengatakan sudah menandatangani perjanjian penjualan unit bisnis lokomotifnya kepada CRRC Zhuzou Locomotive Co. Ltd.

Belum diketahui secara pasti berapa harga yang ditawarkan oleh pihak Vossloh kepada CRRC. Pembelian ini sudah termasuk kontrak penyediaan sarana dan peralatan seperti suku cadang yang sudah didapat sebelumnya. Vossloh sendiri tengah melakukan restrukturisasi bisnis sejak 2015 lalu.

Jauh sebelum menjual unit bisnis lokomotifnya, Vossloh sudah terlebih dulu menjual unit bisnis kereta dan gerbong kepada Stadler serta unit bisnis kelistrikannya kepada Knorr-Bremse. Dengan dibelinya unit bisnis lokomotif Vossloh oleh CRRC, maka ini menandai masuknya Tiongkok ke dalam pasar manufaktur sarana perkeretaapian Eropa.

Chief Executive Vossloh Andreas Busemann mengatakan dirinya merasa cukup senang dengan dijualnya unit bisnis lokomotifnya. Dirinya mengatakan Vossloh akhirnya memiliki partner bisnis yang optimal dan strategis serta memiliki prospek pengembangan bisnis lokomotif yang baik untuk ke depannya.

Vossloh sendiri bukanlah nama baru dalam industri lokomotif. Di Indonesia sendiri, nama Vossloh sempat menjadi perbincangan di kalangan pecinta kereta api setelah berhembusnya kabar burung mengenai rencana KAI untuk membeli sarana lokomotif langsir beberapa tahun lalu.

(RED/BTS)

Railway Gazette

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: