Menhub Resmikan Operasional KA Bandara Dari Stasiun Manggarai

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan semboyan 40 tanda diberangkatkannya KA Bandara dari Manggarai | RED / Akashiro

[5/10]. Setelah hampir 2 tahun lamanya hanya putar kabin, kini KA Bandara Soekarno Hatta bisa mengangkut penumpang dari Manggarai. Mulai hari ini, Stasiun Manggarai resmi dibuka untuk naik dan turun penumpang KA Bandara Soekarno Hatta.

Pembukaan Manggarai untuk naik-turun penumpang KA Bandara ditandai dengan pemberian semboyan 40 untuk KA Bandara oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain meresmikan, Budi juga melakukan peninjauan kesiapan bangunan baru Stasiun Manggarai untuk angkutan KA Bandara.

Sejumlah fasilitas seperti eskalator, lift, toilet, mushola, ruang tunggu, vending machine, gate, dan lain sebagainya telah disiapkan untuk mendukung operasional KA Bandara Soekarno Hatta.

Pembukaan juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Dirut Railink Heru Kuswanto, Dirut KCI Wiwik Widayanti, serta sejumlah pejabat lainnya dari KAI, KCI, Railink, dan Kemenhub.

Penumpang yang hendak naik KA Bandara dari Stasiun Manggarai bisa masuk dari dua tempat yakni dari pintu masuk barat (dekat Pasaraya) dan dari peron 9. Di penyeberangan peron 9 KCI menyiapkan mesin standing alone untuk penumpang yang hendak berganti moda dari Commuter Line ke KA Bandara maupun sebaliknya bisa bisa melakukan tap in ataupun tap out.

Mesin standing alone yang disediakan KCI di penyeberangan jalur 9 | RED / Akashiro

Selain mesin standing alone, KCI juga menyiapkan vending machine untuk penumpang KA Bandara membeli Tiket Harian Berjaminan (THB) ataupun mengisi ulang Kartu Multi Trip (KMT).

Baik dari pintu masuk barat ataupun jalur 9 nantinya penumpang naik ke lantai 2 untuk membeli tiket ataupun mencetak tiket di vending machine KA Bandara dan menunggu waktu pemberangkatan. Setelah kereta tiba, penumpang kemudian melakukan tap in di mesin gate dan turun ke peron 9 ataupun 10 untuk naik kereta.

Suasana ruang tunggu KA Bandara di Stasiun Manggarai | RED / Akashiro

Dengan dibukanya Stasiun Manggarai untuk aktifitas naik dan turun penumpang KA Bandara Soekarno Hatta dapat meningkatkan animo masyarakat untuk naik KA Bandara baik sebagai transportasi pengumpan bandara maupun sebagai moda transportasi alternatif.

Sebelumnya selama setahun terakhir Stasiun Manggarai hanya menjadi stasiun perhentian akhir KA Bandara untuk masinis berpindah kabin menaik-turunkan penumpang. Hal tersebut dilakukan karena bangunan baru Stasiun Manggarai yang belum siap untuk operasional KA Bandara.

Jadi masyarakat yang hendak naik KA Bandara harus menuju Stasiun BNI City. Untuk konstruksi bangunan baru dan jalur atas Stasiun Manggarai sampai saat ini masih berlangsung dan ditargetkan rampung pada tahun 2021 mendatang.

(RED / BTS / Akashiro)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: