Beginilah Tampilan Simulator Yang Digunakan LRT Jakarta

Ilustrasi kabin LRV Jakarta

[26/11]. Sebentar lagi LRT Jakarta akan segera beroperasi. Salah satu komponen utama pengoperasian LRT dan kereta api lainnya adalah hadirnya seorang masinis yang mengoperasikan kereta.

Sama seperti KAI, KCI, ataupun MRT, LRT Jakarta juga memiliki simulator untuk pelatihan masinis. Lantas gimana sih kelihatannya simulator yang digunakan LRT Jakarta?

Simulator yang digunakan oleh LRT Jakarta ditempatkan di ruangan khusus di Dipo Pegangsaan Dua. Meski keretanya buatan Korea Selatan, simulatornya sendiri dibuat di Indonesia oleh PT LEN Industri.

Ukuran simulator LRT Jakarta sendiri lebih kecil dari yang digunakan oleh KCI dan MRT Jakarta.

Simulator buatan LEN yang digunakan oleh LRT Jakarta

Suasana di dalam simulator dibuat semirip mungkin dengan keadaan di dalam kabin asli. Meja layanan di dalam simulator dibuat semirip mungkin dengan meja layanan asli LRV.

Hampir semua panel yang ada ditempatkan dalam layar LCD seperti speedometer, voltmeter, amperemeter, radio komunikasi, train monitoring, dan CCTV untuk mensimulasikan situasi kereta. Sejumlah komponen seperti klakson dan buka-tutup pintu digantikan dengan tombol.

Tak seperti rangkaian KRL MRT maupun KCI yang menempatkan tuas kendali di kiri, di simulator LRV Jakarta tuas kendali kereta ditempatkan di sebelah kanan.

Panel meja kendali yang digunakan oleh simulator LRT Jakarta

Selain simulator lengkap, terdapat pula 4 unit komputer yang dapat digunakan sebagai simulator.

Hasil simulasi yang dilakukan nantinya akan ditampilkan di komputer admin. Data dari hasil simulasi yang dilakukan nantinya akan diserahkan kepada supervisor yang nantinya dijadikan patokan penilaian terhadap masinis apakah nantinya ia layak atau tidak untuk berdinas.

Komputer admin yang mengumpulkan data hasil simulasi yang selanjutnya akan digunakan untuk evaluasi

Sayangnya tak seperti simulator MRT dan KCI, simulator LRT Jakarta tidak memiliki efek seperti guncangan maupun getaran untuk mensimulasikan keadaan kereta sebenarnya secara detail.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: