KA Wijayakusuma Anjlok di Magetan

[6/11]. Anjlokan KA kembali terjadi. Kali ini anjlokan menimpa KA Wijayakusuma di Stasiun Barat, Magetan, Jawa Timur. KA 7091C Wijayakusuma relasi Banyuwangi – Surabaya Gubeng – Cilacap anjlok pada Selasa malam pukul 21:52 WIB.

Sebanyak dua kereta anjlok yakni kereta ekonomi premium 2 atau kereta keempat dari rangkaian kereta sebanyak 2 as atau 4 roda dan di kereta makan pembangkit sebanyak 4 as atau 8 roda. Bahkan kereta ekonomi premium yang anjlok nyaris terguling. Rangkaian anjlok saat memasuki jalur 4 yang merupakan sepur lurus dan jalur lama di Stasiun Barat.

Setelah anjlokan, seluruh penumpang yang berada di dalam kereta dievakuasi keluar. Kondisi di dalam kereta cukup kacau pasca anjlokan. Seperti yang terlihat di dalam kereta makan, barang-barang dan makanan yang berada di dalam kereta berantakan akibat anjlokan yang terjadi.

Bagian dalam kereta makan yang berantakan akibat anjlokan yang terjadi | istimewa

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini, namun anjlokan ini menyebabkan sejumlah perjalanan KA di Lintas Selatan Jawa tertahan. Sampai pukul 23:40 setidaknya ada 5 perjalanan KA yang tertahan. KA yang tertahan di antaranya adalah KA 174D Gayabaru Malam Selatan, KA 171C Matarmaja, KA 141A Majapahit, KA 96C Malioboro Express, KA 111C Mutiara Selatan.

Penumpang KA Wijayakusuma dan KA yang tertahan kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang disiapkan oleh pihak KAI.

Crane Kirow dari Solo Balapan diturunkan untuk mengevakuasi rangkaian yang anjlok. Crane tiba di Barat pada pukul 1:16 dini hari. Setibanya di Barat, crane langsung melakukan evakuasi pada rangkaian kereta.

Dua kereta depan yang selamat yakni kereta bagasi dan ekonomi premium 1 dipisahkan dan dievakuasi ke Stasiun Geneng. Empat kereta di belakang kereta makan pembangkit yakni eksekutif 1 hingga eksekutif 4 dipisahkan dan dibawa tak jauh dari Stasiun Barat.

Kereta ekonomi premium 2 berhasil dievakuasi pada pukul 5:40 WIB dan kereta makan pembangkit berhasil dievakuasi pada pukul 6:21 WIB. Jalur 4 Stasiun Barat kembali dibuka untuk lalu lintas KA dengan kecepatan dibatasi hanya 5 km/jam.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: