Lokomotif D1410 Jalani Uji Dinamis Pertamanya Pasca Dihidupkan Kembali

Lokomotif D1410 saat menjalani uji dinamis di jalur uji Balai Yasa Pengok siang tadi | picture: Oktavino Hiu Adi Tirtayasa

[5/11]. Setelah sebelumnya berhasil dihidupkan, kini lokomotif D1410 menjalani uji dinamis pertamanya. Uji dinamis dilakukan siang tadi dengan berjalan maju-mundur sendirian di jalur uji Balai Yasa Pengok beberapa kali. Uji dinamis pertama D1410 semenjak dihidupkan disambut sukacita oleh sejumlah pecinta kereta api untuk berkumpul di Pengok.

Asap hasil pembakaran kayu bakar terlihat mengepul dari cerobong lokomotif. Suara desisan uap kembali terdengar setelah sekian lama lokomotif ini tertidur pulas. Sesekali peluit lokomotif dibunyikan untuk menandakan kehadirannya. Dalam uji dinamis ini lokomotif berjalan dengan kecepatan 20 km/jam.

Lokomotif sempat berhenti di depan pintu gerbang balai yasa untuk pengecekan. Kesempatan ini pun tak dilewatkan oleh para pecinta kereta api untuk mengabadikan lokomotif ini. Uji dinamis dilakukan untuk melihat performa lokomotif pasca dihidupkan untuk pertama kalinya.

Uji dinamis ini diawasi secara langsung oleh teknisi dari Museum KA Ambarawa dan Balai Yasa Pengok. Sejumlah uji coba akan terus dilakukan untuk melihat ada tidaknya kerusakan serta memastikan lokomotif siap beroperasi.

Sebelumnya pada 18 Oktober lalu, lokomotif D1410 berhasil dihidupkan kembali setelah tertidur selama puluhan tahun lamanya. Rencananya lokomotif D1410 akan dibawa ke Solo untuk dijadikan kereta wisata mendampingi lokomotif C1218. Dengan begini maka tersisa lokomotif D52099 yang sampai saat ini terparkir di Stasiun Purwosari dan belum diketahui nasibnya apakah bisa dihidupkan kembali atau tidak.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: