[GUIDE] Panduan Transportasi Untuk Malam Tahun Baruan di Ancol

Ilustrasi malam tahun baruan di Ancol | Foto: Tempo

[31/12] Para pembaca RED tak sabar malam tahun baruan? Ingin tahun baruan di Ancol, tapi bingung di sana ada apa, atau cara ke sana? Tenang. Kali ini Tim REDaksi akan memberikan panduan acara dan transportasi ke sana!

SEKILAS ACARA

Sebagai salah satu tempat rekreasi terbesar di Jakarta, acara untuk menyambut pergantian tahun di Taman Impian Jaya Ancol telah berlangsung dari tanggal 25 Desember kemarin. Dari tanggal 25 Desember hingga 1 Januari diselenggarakan acara Water Fountain Show dan Seaside Carnival. Sementara itu, pada 31 Desember akan ada beragam acara hiburan musik di Ancol. Di Floating Stage Pantai Festival akan hadir New Pallapa untuk menghibur penggemar dangdut. Sementara di Pantai Lagoon akan diisi oleh Ras Muhamad dan Deny Frust.

Tidak ketinggalan tentu saja acara utama yang bertajuk “The Biggest Jakarta Musical Fireworks” di malam pergantian tahun nanti. Acara ini akan menyajikan hiburan kembang api selama 10 menit dan musik dari artis papan atas seperti Noah, Armada, Geisha, D’Masiv, Setia Band, dan artis lainnya di Panggung Live Carnival SCTV.

Bagi pengunjung yang ingin berekreasi di siang hari tanggal 31 Desember, perlu diperhatikan bahwa wahana rekreasi di Ancol akan tutup lebih awal. Unit rekreasi di Ancol seperti Dufan, Seaworld, Atlantis, dan Ocean Dream akan tutup pada pukul 15.00.

Informasi jadwal acara hiburan untuk tanggal 31 Desember seperti yang dikutip dari Instagram Taman Impian Jaya Ancol adalah sebagai berikut:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Gass laah besok ke ANCOL TAMAN IMPIAN, banyak artis-artis dan musisi papan atas Indonesia yang bakal tampil di acara Ancol Gempita Symphony of The Sea di malam pergantian tahun 2019. Tidak ketinggalan juga yang paling dinanti “THE BIGGEST JAKARTA MUSICAL FIREWORKS” tepat jam 00.00 1 Januari 2020 yang akan menyuguhkan warna warni pesta kembang api terbesar dan terlama selama 10 MENIT tanpa henti dengan diiringi musisi Indonesia seperti NOAH, Armada, Setia Band, D’Masiv, Geisha, New Pallapa, Ras Muhamad, Denny Frust dan masih baanyak lagi penampilan spesial dari artis dan musisi papan atas Indonesia. Jadi, pastikan liburan Kamu dimalam tahun baruan besok hanya ke Ancol Taman Impian dan nikmati baanyak acara seru yang pastinya bikin liburan Kamu di Ancol jadi pengalaman seru yang tak terlupakan. Saatnya Liburan, saatnya #KembaliKeAncol . . #kembalikeancol #wajahbaruancol #ancolgempita #symphonyofthesea #tahunbaru

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ancol Taman Impian (@ancoltamanimpian) pada

TRANSPOR KE LOKASI

Pembaca yang menggunakan KRL Commuter Line, transportasi paling dekat adalah Stasiun Ancol yang dilayani KRL Jakarta Kota – Tanjung Priok pp. Cara untuk mencapai Stasiun Ancol untuk pembaca dari berbagai arah adalah sebagai berikut:

Meskipun KRL terakhir pada hari biasa adalah pukul 19.30 dari Jakarta Kota menuju Tanjung Priok dan pukul 20.00 dari Tanjung Priok ke menuju Jakarta Kota, namun di malam tahun baru akan diadakan KRL tambahan. Jadwal KRL tambahan dari Jakarta Kota ke Tanjung Priok adalah pukul 22.00, 23.20, dan 01.00 yang selengkapnya bisa dicek di sini. Dari Stasiun Ancol, juga akan disediakan bus feeder oleh pihak Taman Impian Jaya Ancol.

Pembaca yang menggunakan Transjakarta, transportasi paling dekat adalah Halte Transjakarta Ancol. Cara untuk mencapai Halte Ancol untuk pembaca dari berbagai arah adalah sebagai berikut:

 

 

 

Dari Halte Ancol pembaca langsung bis tap out di halte lalu menaiki jembatan yang menghubungkan Halte Ancol dengan Pintu Barat Ancol.

Selain itu, Transjakarta juga akan menyediakan bus gratis dari Kantong Parkir menuju Pintu Timur Ancol yang akan disediakan di parkir C3 JIExpo Kemayoran (PRJ). Bus gratis ini akan beroperasi dari PRJ selama 24 jam pada malam tahun baru. Pembaca yang menggunakan kendaraan pribadi dapat parkir di parkir PRJ untuk bersambung ke Ancol dengan Transjakarta. Tidak hanya itu, pembaca juga dapat membeli tiket masuk Ancol dari tempat ini.

Di dalam area Ancol juga akan disediakan 120 bus Wara-Wiri sebagai shuttle bus yang melayani berbagai tujuan acara di dalam area. Selain itu juga terdapat empat kereta Sato-Sato yang akan dioperasikan.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Besok ANCOL TAMAN IMPIAN akan memberlakukan sistem SENTRAL PARKIR untuk memberikan kenyamanan bersama pada momen malam pergantian tahun 2019, semua kendaraan yang masuk baik motor ataupun mobil akan diarahkan untuk mengisi kantong parkir yang tersedia. Untuk ke tempat-tempat rekreasi yang ada di dalam Ancol Kamu bisa menaiki bus WARA WIRI yang telah disediakan sebanyak 120 BUS, dan Kamu juga bisa memanfaatkan KERETA SATO SATO yang bisa mengantarkan Kamu dari Pantai Carnaval sampai Halte Ancol Bus Transjakarta. Dan ditahun ini Ancol Taman Impian berkolaborasi dengan Transjakarta dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta terkait pengaturan lalu lintas pada momen pergantian tahun 2019.. Jadi, liburan Kamu akan tetap nyaman dan meriah karena di Ancol Taman Impian terdapat banyak fasilitas lengkap yang menunjang kebutuhan liburan Kamu di Ancol jadi momen seru yang tak terlupakan. Saatnya liburan, saatnya #KembaliKeAncol . . #wajahbaruancol #kembalikeancol #tahunbaru

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ancol Taman Impian (@ancoltamanimpian) pada

TRANSPOR DARI LOKASI

Bagi pengguna KRL Commuter Line, KRL tambahan akan berangkat dari Ancol pada pukul 22.40, 00.40, dan 02.00 yang selengkapnya bisa dicek di sini. REDaksi imbau pembaca untuk mengatur waktu kepulangan agar jangan sampai tertinggal kereta terakhir. Cara kembali dari Ancol ke berbagai tujuan adalah sebagai berikut:

Untuk pembaca tujuan Tangerang dan Rangkasbitung disarankan menaiki KRL Commuter Line dengan jadwal 00.40 dari Tanjung Priok, dikarenakan KRL Commuter Line setelahnya adalah pukul 02.00 dari Tanjung Priok yang dikhawatirkan tidak dapat transit KRL Commuter Line tambahan dari Kampung Bandan yang berangkat pukul 01.50.

Pembaca yang menggunakan Transjakarta dari Halte Ancol, terdapat beberapa opsi. Harap diingat, beberapa koridor Transjakarta seperti Koridor 12 (Tanjung Priok – Sunter) dan Koridor 13 (Ciledug – Tendean) dan koridor lain tidak beroperasi dini hari. Sedangkan beberapa koridor Transjakarta beroperasi 24 jam dengan perubahan. Berikut adalah panduan untuk kembali ke berbagai tujuan dengan Transjakarta, dan menuju halte terdekat bila tidak ada Transjakarta:

Untuk pembaca yang parkir di PRJ dapat kembali dengan menggunakan Transjakarta yang disediakan dari Pintu Timur Ancol. Transjakarta ini beroperasi 24 jam antara Ancol – PRJ.

Untuk informasi yang lebih lengkap dalam menentukan rute dan informasi jadwal Transjakarta, pembaca dapat menggunakan Google Maps lalu memilih opsi “Public Transport” (Ikon bus), atau menggunakan aplikasi Trafi ataupun Tijeku. Untuk informasi jadwal KRL Commuter Line, pembaca dapat menggunakan aplikasi KRL Access ataupun InfoKRL yang bisa diunduh secara gratis.

Demikian panduan dari Tim REDaksi untuk malam tahun baruan di Ancol kali ini. Selamat menikmati malam tahun baru 2020, selamat berlibur! (RED/IHF/GFD)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: