Peniadaan Bantal Gratis Di KA Kelas Eksekutif Tuai Polemik

Ilustrasi bantal di KA kelas Eksekutif. Mulai Januari ini fasilitas gratis ini ditiadakan oleh KAI dan digantikan sistem sewa.

[2/1] Pembaca REDaksi pasti tentu familiar dengan bantal gratis yang diberikan di kereta api kelas Eksekutif. Akan tetapi, per tanggal 1 Januari kemarin, fasilitas tersebut telah ditiadakan. Sehingga fasilitas gratis yang disediakan tinggal selimut saja.

Hal ini pertama kali diketahui dari Insta Story salah seorang Youtuber transportasi Risang Anggara yang menyebutkan KA kelas Eksekutif sudah tidak diberikan bantal gratis lagi. Selang beberapa lama, beredar video dari Youtuber tersebut bahwa bantal gratis ini digantikan bantal sewa meskipun dengan ukuran lebih besar. Segera para railfans dan pelanggan kereta api lain bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Gambar mungkin berisi: teks
Tangkapan layar Insta Story Risang Anggara

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan ini, pihak PT KAI telah membenarkan adanya penghapusan tersebut. Menurut keterangan di laman Twitter resmi mereka, peniadaan fasilitas ini dikarenakan adanya “peremajaan desain kursi yang tidak membutuhkan bantal” dan “menambah keleluasaan tempat duduk”.

Jawaban ini tentu saja menimbulkan beragam reaksi dari para warganet. Dari hasil pencarian dengan topik “bantal kereta“, banyak warganet yang bereaksi negatif. Menurut mereka, penghapusan bantal gratis adalah tanda penurunan kualitas pelayanan di kereta api. Mereka juga mempertanyakan nilai lebih KA kelas Eksekutif dibanding kelas lain dengan penghapusan bantal gratis ini. Ada juga yang mempertanyakan atas penilaian apa PT KAI menganggap kursi desain baru ini sudah tidak diperlukan bantal. Meskipun demikian, ada juga yang berkomentar “Selama masih bisa disewa mengapa ribet”, ataupun memilih pasrah dengan kebijakan baru ini.

Selain itu, berdasarkan pengamatan Tim REDaksi, meskipun beberapa kereta Eksekutif generasi sebelum 2018 telah menggunakan kursi seperti kereta Eksekutif generasi 2018 ke atas, tetapi masih tidak semua. Masih banyak kereta Eksekutif yang menggunakan kursi aslinya, baik dengan jok krem, ataupun jok baru biru-kelabu.

Tentu saja kita berharap PT KAI selaku pemangku kebijakan mendengar tanggapan dari pelanggannya. Terutama jika suatu kebijakan mendapat protes dari mereka. Karena suara pelanggan adalah penting demi kemajuan pelayanan. (RED/IHF)

Adendum: Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kompas pada 6 Januari, kebijakan penghapusan fasilitas bantal resmi ditarik untuk saat ini. Menurut VP Public Relations PT KAI Yuskal Setiawan, hal ini salah satunya menimbang kursi desain baru yang belum tersedia di semua KA Kelas Eksekutif. Dan terpantau mulai tanggal 7 Januari kemarin, fasilitas bantal gratis telah kembali ada.

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: