Kemenhub Akan Bangun Jalur KA Layang di Dalam Kota Cirebon

Ilutrasi Toei “Lohan” saat melintasi jalur layang Manggarai – Jakarta Kota | BTS

[3/1]. Kementerian Perhubungan berencana untuk membangun jalur KA layang Lintas Pantura di Cirebon. Hal tersebut dijelaskan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dalam keterangannya yang dikutip dari About Cirebon, jalur layang ini nantinya akan terintegrasi dengan Jalur KA Semi Cepat Jakarta – Surabaya.

Budi mengatakan jalur layang ini akan dibangun bersamaan dengan Jalur KA Semi Cepat Jakarta – Surabaya. Tak hanya Cirebon, jalur layang ini akan dibangun di beberapa kota di sepanjang Lintas Pantura seperti Semarang. Budi mengatakan saat ini pembangunan jalur layang sedang memasuki tahap studi oleh pihak Jepang.

Jalur KA Semi Cepat Jakarta – Surabaya sendiri rencana akan mulai dibangun pada 2022 dan tuntas pada 2026.

Budi juga meminta support dari masyarakat untuk memperlancar proyek jalur layang ini. Untuk bentangnya, Budi masih belum bisa memastikan berapa panjang jalur layang ini karena masih menunggu hasil kajian dan studi yang dilakukan.

Dalam keterangan terpisah, Walikota Cirebon Drs. Nashrudin Azis berterimakasih kepada pemerintah pusat, dalam hal ini Kemenhub, atas rencana pembangunan jalur layang ini. Pemkot Cirebon sendiri sudah dua kali mengirimkan usulan kepada pemerintah pusat, bahkan sudah hampir mencapai yang ketiga.

Diharapkan dengan pembangunan jalur layang ini dapat mengurangi kemacetan di Kota Cirebon terutama di perlintasan kereta api mengingat lalu lintas kereta api di Lintas Pantura sudah semakin padat.

(RED/BTS)

loading...

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: