Proyek Kereta Api Papua Akan Mulai Tahun Ini

Proyek reaktivasi Cibatu – Garut, ilustrasi proyek perkeretaapian yang sedang berlangsung di Indonesia.

[7/1] Indonesia akan ketambahan lagi daerah yang mempunyai jaringan kereta api. Setelah Jawa, Sumatera, dan Sulawesi, kini Papua akan menyusul untuk mendapat proyek kereta api. Proyek ini rencananya akan dimulai oleh Kementerian Perhubungan tahun ini.`

Dilansir dari Bisnis, Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Max L Sabarofek menjelaskan studi Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan land acquisition and resettlement plan telah dimulai. Selain itu, pendataan lahan dan bangunan untuk proses pembebasan lahan juga sudah dilakukan tim survei. Diupayakan proses ground breaking atau peletakan batu pertama akan dapat dimulai tahun ini.

Max menjelaskan bahwa proyek kereta api ini akan dimulai dari Sorong. Proyek ini direncanakan akan dibangun sepanjang 75 kilometer, yakni dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, hingga Ayamaru, Kabupaten Maybrat. Sementara rencana panjang keseluruhan jalur KA baru ini adalah 500 Km dari Sorong hingga Manokwari.

Rencana ini juga sesuai dengan apa yang tertera dalam RIPNAS 2030 Perkeretaapian. Meskipun demikian, di peta ini, jalur yang justru direncanakan telah dibangun adalah jalur KA dari Manokwari ke Nabire. Dengan jalur KA dari Sorong ke Manokwari adalah “jalur rencana”.

Peta rencana pembangunan perkeretaapian di Papua berdasarkan RIPNAS 2030 | Foto: Kementerian Perhubungan

Pihaknya juga mengharapkan adanya sharing anggaran dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, dan pusat dalam pembebasan lahan. Selain itu, ia juga mengharapkan harga pembayaran lahan nantinya sesuai dengan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).

Mari kita berharap proyek ini akan berlangsung lancar. Semoga. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: