[GUIDE] Gaikindo Gelar Pameran Kendaraan GIICOMVEC 2020

Ilustrasi pameran bus di GIICOMVEC 2018 lalu | Foto: Fotografi Bus Ibukota

[4/3] Pembaca RED yang menyukai kendaraan komersial seperti bus ataupun truk mungkin tidak asing dengan nama GIICOMVEC. GIICOMVEC atau Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo adalah event tahunan pameran kendaraan komersial. Event pameran GIICOMVEC ini merupakan bagian dari serangkaian event besar pameran otomotif oleh Gaikindo. Pameran ini akan berlangsung dari hari Kamis besok 5 Maret hingga Minggu 8 Maret mendatang.

Pada tahun 2020, Gaikindo akan kembali menyelenggarakan GIICOMVEC di Hall A & B Jakarta Convention Center (JCC). Pameran GIICOMVEC 2020 bertajuk “The Best Show for Road and Urban Transportation Solution” kali ini akan menampilkan produk berupa truk, bus, double cabin, karoseri, kendaraan khusus, pelumas, sukucadang, dan beberapa topik lainnya. Sementara itu, beberapa dari peserta pameran yang akan hadir adalah Adi Putro, Hino Motor Sales Indonesia, Mercedes-Benz, United Tractor, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya pameran, juga terdapat seminar dan demonstrasi kendaraan yang dapat dihadiri baik oleh pebisnis ataupun pengunjung umum.

Berikut ini adalah floor plan resmi pameran yang dipublikasikan oleh Gaikindo.

Floor plan untuk pameran GIICOMVEC 2020 | Foto: Gaikindo

Menuju ke Lokasi Pameran

Lokasi dari pameran GIICOMVEC ini adalah JCC yang dapat diakses dengan mudah oleh berbagai kendaraan umum. Dengan titik perhentian terdekat adalah Halte Transjakarta Senayan JCC di Koridor 9 Pinang Ranti – Pluit. Berikut adalah cara mengakses lokasi pameran dengan berbagai moda transportasi.

KRL Commuter Line

Pembaca yang menggunakan KRL Commuter Line , stasiun yang terdekat dengan lokasi pameran adalah Stasiun Palmerah. Stasiun Palmerah dapat diakses langsung menggunakan KRL Commuter Line dari Rangkasbitung/Parungpanjang/Serpong arah Tanah Abang ataupun sebaliknya. Sedangkan untuk pembaca dari Bogor dapat menggunakan KRL Commuter Line tujuan Angke/Jatinegara dan transit di Stasiun Tanah Abang.

Pembaca dari Bekasi dapat transit menggunakan KRL Commuter Line tujuan Angke/Jatinegara dari Stasiun Manggarai untuk selanjutnya menuju Stasiun Tanah Abang untuk kembali transit. Pembaca dari Tangerang dapat menggunakan KRL Commuter Line hingga Stasiun Grogol, untuk berpindah menggunakan Transjakarta Koridor 9 atau 9A dari Halte Latumeten Stasiun Grogol ke Senayan JCC.

Dari Stasiun Palmerah, tersedia Transjakarta Rute 1B dengan rute Palmerah – Tosari yang berjalan setiap hari dan 1F dengan rute Palmerah – Bundaran Senayan yang berjalan Senin-Sabtu. Pembaca tinggal menaiki bus ini menuju Halte Senayan JCC. Dari Halte Senayan JCC, pembaca tinggal keluar ke gate lalu berjalan ke sisi seberang untuk menuju JCC.

Transjakarta 

Pembaca yang menggunakan Transjakarta, halte yang terdekat dengan lokasi pameran adalah Halte Senayan JCC. Banyak rute yang berjalan setiap hari melayani halte ini, yaitu Koridor 9, 9A, 1B, 1F, 4A, dan T11. Serta rute yang berjalan di hari kerja (Kamis dan Jumat) meliputi Koridor 9K, 10H, dan B21, ataupun berjalan Senin-Sabtu yaitu 1F.

Pembaca dari Pluit dan Cililitan dapat langsung menggunakan Koridor 9 dan 9A untuk menuju Halte Senayan JCC, dengan catatan Halte Cawang UKI tidak melayani Koridor 9A. Pembaca dari Kampung Rambutan pada hari Kamis-Jumat dapat langsung menggunakan Koridor 9K dan turun di Halte Senayan JCC, namun pada hari Sabtu-Minggu harus menggunakan Koridor 7 menuju Cawang UKI jika via tol, ataupun BKN jika tanpa tol untuk transit menuju Koridor 9 ataupun 9A.

Pembaca yang dari Bekasi jika berangkat pagi hari pada hari Kamis-Jumat sebelum pukul 09.00 dapat langsung menggunakan Transjakarta B21 ke Halte Senayan JCC. Di antara pukul 09.00 hingga 15.00 ataupun pada hari Sabtu-Minggu, rute ini mengalami perpendekan hanya sampai Cawang UKI, di mana pembaca dapat transit menuju Koridor 9 dari Cawang UKI.

Pembaca dari Rawamangun, Pal Putih, Cikini, dan Dukuh Atas dapat langsung menggunakan Transjakarta Rute 4A menuju Halte Senayan JCC. Pembaca dari Tangerang selain menggunakan KRL Commuter Line juga dapat menggunakan Transjakarta langsung dari Poris Plawad dengan Rute T11. Pembaca dari wilayah Senayan pada hari Kamis-Jumat dapat menggunakan Transjakarta Koridor 1F ataupun T11 dari Bundaran Senayan. Dari Gelora Bung Karno juga tersedia Koridor 3F yang berjalan pada hari kerja (Kamis-Jumat).

Pembaca dari Pulogadung dan Senen dapat menggunakan Transjakarta Koridor 2 menuju Halte Harmoni, lalu kemudian transit dengan Koridor 1 menuju Halte Tosari untuk kemudian kembali transit dengan Rute 1B ataupun 4A menuju Senayan JCC. Pembaca dari Lebak Bulus dan Kalideres dapat menggunakan Transjakarta Koridor 8 dan 3 ataupun 2D menuju Halte Grogol untuk transit menggunakan Koridor 9, 9A, ataupun 4A menuju Halte Senayan JCC. Pembaca dari Kalideres pada hari kerja juga memiliki pilihan Koridor 3F untuk langsung menuju Senayan JCC.

MRT Jakarta

Pembaca yang menggunakan MRT Jakarta, tidak ada stasiun yang menyediakan akses langsung ke lokasi pameran dengan moda ini. Tetapi pembaca dapat menggunakan Stasiun Senayan ataupun Dukuh Atas untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan Transjakarta. Pembaca dari Lebak Bulus selain menggunakan Transjakarta juga dapat menggunakan MRT Jakarta ke Stasiun Senayan ataupun Dukuh Atas. Dari kedua stasiun ini, pembaca dapat transit ke Halte Bundaran Senayan ataupun Tosari untuk menuju Halte Senayan JCC dengan Transjakarta.

Selain itu, pembaca juga dapat turun di Stasiun Istora untuk kemudian berjalan kaki menuju lokasi pameran di JCC.

Perlu diingat, pameran ini terbagi atas dua segmen. Trade days pada tanggal 5-7 Maret, dan public days pada tanggal 8 Maret. Pada trade days wajib kenakan pakaian formal dan rapi (tidak boleh menggunakan kaos, sendal jepit, dan celana pendek). Selamat berkunjung! (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: