JR East Rilis Render Desain Shinkansen E8

Render desain eksterior Shinkansen E8

[5/3]. JR East merilis render desain rangkaian Shinkansen E8. Rangkaian ini rencananya akan beroperasi di Jalur Yamagata Shinkansen untuk menggantikan Shinkansen E3 yang sudah beroperasi sejak 1997 dan akan segera memasuki masa pensiun.

Dari desain yang dirilis terlihat bentuk rangkaiannya sendiri mirip seperti Shinkansen E6 namun menggunakan livery Shinkansen E7 yakni biru-emas-putih. Livery ini dibuat memanjang di sepanjang tubuh kereta. Sedangkan untuk interiornya sendiri tak jauh berbeda dengan Shinkansen E7.

Yang membedakan hanyalah warna bangku yang digunakan untuk kelas Green Car dan kelas biasa. Desain bangku pada kereta Green Car sama seperti yang ada pada Shinkansen E7 namun pada Shinkansen E8 bangku Green Car diwarnai hijau dengan fitur reclining dan legrest dan pada kelas biasa bangku diwarnai kuning-merah dengan bangku tegap.

Desain interior kelas Green Car di Shinkansen E8
Desain interior kelas biasa di Shinkansen E8

Shinkansen E8 nantinya dapat dipacu hingga kecepatan 300 km/jam supaya dapat melintas di Jalur Tohoku Shinkansen dari Utsunomiya hingga Fukushima. Stop kontak nantinya akan dipasang di setiap bangku dan interior kereta dibuat ramah disabilitas seperti dengan membuat ruang khusus kursi roda di kereta.

Rencananya sebanyak 17 set Shinkansen E8 akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan sarana di Jalur Yamagata Shinkansen. Rangkaian pertama direncanakan mulai diproduksi pada September 2022 dan akan mulai beroperasi pada 2024. Ditargetkan pada 2026 seluruh rangkaian Shinkansen E8 selesai diproduksi.

(RED/BTS)

Tetsudo Shimbun

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: