Berita KADebutInternasionalKereta Api

Kereta Shinkansen seri E8 Resmi Beroperasi!

Kereta Shinkansen seri E8 rangkaian G1 pada saat menjalani uji coba, Januari 2023

Kereta Shinkansen seri E8 rangkaian G1 pada saat menjalani uji coba, Januari 2023. | Foto: 営団総裁 – 投稿者自身による著作物, CC 表示-継承 4.0REDigest.web.id, 20/3 –  Setelah menjalani uji coba selama satu tahun sejak rangkaian pertama selesai diproduksi pada tahun 2023, kereta Shinkansen terbaru, seri E8, resmi dioperasikan oleh East Japan Railway Company (JR East) mulai Sabtu, 16 Maret 2024.

Sesuai rencana, kereta Shinkansen seri E8 ini akan digunakan untuk dinasan pada jalur Yamagata Shinkansen layanan Tsubasa yang melayani dari Tokyo hingga Yamagata dan Shinjo, dengan dinasan dari Tokyo hingga Fukushima bergandengan dengan dinasan kereta Yamabiko yang melayani rute Tokyo-Sendai/Morioka. Dilansir dari International Rail Journal, direncanakan bahwa akan ada total 15 rangkaian yang diproduksi, turun dari rencana sebelumnya yaitu 17 rangkaian.

Kecepatan maksimalnya adalah 300 km/jam, yang merupakan peningkatan dari kecepatan kereta pendahulunya, Shinkansen seri E3 yang hanya memiliki kecepatan maksimal 275 km/jam. Peningkatan kecepatan ini dimungkinkan oleh hidung kereta yang lebih panjang dan didesain secara khusus untuk melaju dalam kecepatan tinggi dengan aerodinamika yang dapat mengurangi efek tunnel boom di terowongan.

Selain itu, peningkatan tentunya tidak hanya dari segi desain eksterior dan kemampuannya yang mampu melaju lebih cepat, namun juga dengan interior yang lebih nyaman. Selain itu, melansir dari The Japan News, pada setiap kursi pada setiap kelas, kini sudah tersedia colokan listrik, dan untuk warna kursi kereta ini terinspirasi dari alam Yamagata, di mana untuk kelas reguler (ordinary car) menggunakan warna merah dan kuning yang terinspirasi dari bunga Safflower, bunga khas Prefektur Yamagata, sementara kursi kelas satu (green car) menggunakan warna hijau yang terinspirasi dari aliran Sungai Mogami dan hijaunya Gunung Gassan.

Selain itu, kapasitas angkutnya yang berjumlah 355 kursi, lebih sedikit dibandingkan dengan seri E3 yang digantikan meskipun memang terjadi penurunan jumlah penumpang sejak pandemi COVID-19. Sebelumnya, pengumuman desain render Shinkansen seri E8 ini sendiri telah diumumkan sejak awal tahun 2020.

Selamat berdinas, Shinkansen seri E8! (RED/FDM)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×