7 April KCI Akan Terapkan Kembali Pembatasan Operasional Commuter Line

[3/4] Setelah sebelumnya tidak berjalan baik, KCI akan kembali menerapkan pembatasan operasional Commuter Line untuk mengurangi penyebaran wabah COVID-19 di dalam kereta. Pembatasan operasional akan dilakukan pada hari Selasa (7/4) mendatang.

Berbeda dengan pembatasan operasional sebelumnya, kali ini waktu operasional Commuter Line dibuat lebih panjang dari sebelumnya. Jika sebelumnya kereta baru beroperasi pada pukul 06:00, pada pembatasan kali ini kereta mulai beroperasi tetap pada pukul 04:00. Sedangkan untuk perjalanan terakhir sama seperti sebelumnya yakni pada pukul 20:00.

Perjalanan kereta pertama dibuat tetap pada pukul 04:00 untuk menghindari penumpukan penumpang seperti yang terjadi pada penerapan pembatasan sebelumnya.

Jumlah perjalanan Commuter Line pun lebih banyak dari pembatasan sebelumnya yakni total 761 perjalanan di semua lintas dengan headway antara 15 hingga 30 pada menit sekali pada jam sibuk dan 30 menit hingga 1 jam sekali pada siang hari. Penerapan social/physical distancing akan tetap diberlakukan di dalam rangkaian kereta maupun di stasiun.

Selama pemberlakuan kerja di rumah atau work from home yang diberlakukan oleh sejumlah perusahaan terjadi penurunan signifikan pada jumlah penumpang harian.

Dilansir dari Harian Terbit, jumlah penumpang harian Commuter Line pada 23 Maret tercatat hanya berjumlah 341.252 penumpang dan pada 24 Maret turun hingga 292.825 penumpang per hari. Jumlah ini turun hingga 70 persen dari yang biasanya berjumlah 900.000 hingga 1 juta penumpang per hari.

Dengan tren penurunan ini diharapkan penerapan physical/social distancing dapat berjalan dengan baik selama pembatasan untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di dalam Commuter Line.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: