MRT Jakarta Luncurkan Sistem Pembelian Tiket Lewat Aplikasi

[27/4] Setelah melalui serangkaian uji coba dan pengembangan, MRT Jakarta resmi meluncurkan sistem pembelian tiket perjalanan melalui aplikasi. Sistem ini resmi diluncurkan pada Sabtu (25/4) kemarin. Untuk penggunaannya sendiri dapat dilakukan mulai Senin (27/4).

Dalam rilis resminya, pembelian tiket MRT melalui aplikasi ini diluncurkan juga dalam rangka mensukseskan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan oleh pemerintah di Jabodetabek. Tujuannya agar pengguna tak perlu bertatap muka dengan petugas loket ketika membeli tiket sehingga dapat menekan resiko penyebaran wabah COVID-19.

Terlebih MRT Jakarta sendiri sudah meniadakan penjualan Kartu Jelajah Tunggal atau single trip secara tunai sejak 1 April lalu.

View this post on Instagram

Halo teman MRT, untuk mempermudah kalian yang tetap harus ke luar rumah di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti; petugas medis, pekerja yang bertugas menyediakan/menyalurkan kebutuhan pokok dan pekerja sektor lain yang masih diperbolehkan sebagaimana regulasi yang berlaku, mulai 27 April 2020 para penumpang sudah dapat naik MRT dengan QR code melalui aplikasi MRT Jakarta yang dapat diunduh di App Store dan Google Play Store. Dengan alat pembayaran baru ini, dapat meminimalisir para penumpang berinteraksi dengan petugas dan juga mesin pembayaran. Namun, kami tetap mengimbau para penumpang untuk tetap di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak untuk bersama-sama kita cegah penyebaran COVID-19. #MRTJakarta #UbahJakarta

A post shared by MRT Jakarta (@mrtjkt) on

Untuk menggunakan sistem ini, pengguna terlebih dahulu harus menginstall aplikasi MRT Jakarta atau mengupdatenya ke versi terbaru untuk yang sudah menginstallnya di ponsel pintar Android maupun iOS.

Kemudian login menggunakan akun MRTJ. Jika belum membuat akun, anda dapat membuatnya di aplikasi.

Untuk bisa melakukan pembelian tiket terlebih dulu aplikasi MRT Jakarta harus tersambung dengan dompet digital yang digunakan seperti Gopay, OVO, Dana, dan LinkAja. Untuk menyambungkannya buka tombol pengaturan (gambar roda gerigi) di aplikasi lalu pilih menu Penyedia Pembayaran. Pilih dompet digital yang akan digunakan lalu login dengan akun anda.

Pilihan dompet digital yang dapat digunakan untuk pembayaran tiket MRT Jakarta

Selanjutnya anda dapat melakukan pembelian tiket melalui menu Jelajah Jakarta. Pilih stasiun awal dan stasiun tujuan lalu pilih dompet digital yang akan digunakan untuk pembayaran. Saldo akan otomatis terdebet sesuai dengan tarif perjalanan anda.

Pembelian tiket melalui menu Jelajahi Jakarta

Untuk melihat tiket yang sudah dibeli pengguna dapat melihatnya di menu tiket yang ada di bagian bawah aplikasi.

Tiket perjalanan MRT yang sudah dibeli dapat dilihat di menu tiket

Di situ pengguna dapat melihat tiket yang sudah dibeli sebelumnya. Untuk tap in, pilih tiket yang sudah dibeli. Nantinya akan muncul QR code yang dapat digunakan untuk tap in. Scan QR code di mesin gate agar bisa masuk. Lakukan hal yang sama ketika hendak tap out di stasiun tujuan.

Perlu diingat tiket yang sudah dibeli hanya dapat digunakan untuk melakukan perjalanan di hari yang sama dengan tanggal pembelian.

Diharapkan dengan diluncurkannya sistem pembelian tiket MRT Jakarta ini dapat mengurangi kontak pengguna dengan petugas guna mencegah penyebaran wabah COVID-19 serta ke depannya dapat mengurangi antrian pembelian Kartu Jelajah Tunggal di loket.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: