Cerita PenulisKolom

Yuk Kita Ulas Aplikasi Lokomart RESKA

Aplikasi Lokomart

[22/4] Di masa wabah COVID-19, selalu saja ada cara untuk berinovasi di tengah pembatasan sosial yang berlangsung. Setelah sebelumnya meluncurkan layanan pesan antar secara online (daring) dengan WhatsApp dan Gofood, sekarang RESKA juga meluncurkan aplikasi LOKOMART. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengguna memesan makanan dari Lokocafe ataupun menu makanan di atas kereta api.

Peluncuran aplikasi ini pun juga dibarengi dengan menu promosi oleh RESKA. Sebagaimana yang ditampilkan di Instagram mereka, diadakan promosi RESGOBAN dengan tiga pilihan paket. Kesemua pilihan paket ini dihargai seharga 50.000 Rupiah (termasuk PPN, sebelum ongkos kirim). Ongkos kirim pada layanan ini adalah sama seperti pada layanan dengan WhatsApp, gratis untuk di bawah 5 km. Promo ini berlaku hingga 25 April mendatang.

Ulasan Aplikasi

Pada tampilan utama LOKOMART terdapat logo Loko Cafe, Reska Kitchen, Reska Catering, dan Reskapau di atas, namun keempat logo ini tidak memiliki fungsi apa-apa saat ditekan. Sementara di bagian tengah bawah terdapat pilihan “ANDA DILOKO”, “#DIRUMAHAJA”, dan “CHAT RESKA”. Sedangkan di bagian paling bawah ada “Beranda”, “Transaksi”, “Promosi”, dan “Lokasi”.

Tampilan utama Lokomart

Di Beranda yang merupakan tampilan pertama saat masuk aplikasi, pembaca dapat melihat menu yang sedang dipromosikan oleh RESKA. Di Transaksi, pembaca dapat melihat riwayat transaksi yang dilakukan. Di Promosi, pembaca dapat melihat promo apa saja yang sedang berlangsung. Di Lokasi, pembaca dapat melihat lokasi seluruh outlet RESKA yang terdekat. Akan tetapi, pembaca tidak dapat mengecek menu pada cabang yang tersedia dari pilihan ini.

Tampilan pada menu Lokasi
Tampilan menu promosi

Menu “ANDA DILOKO” digunakan untuk scan ke QR Code di meja di Lokocafe, sedang “CHAT RESKA” dilakukan untuk pertanyaan dan informasi.

Untuk pesan antar, pembaca dapat memilih menu #DIRUMAHAJA. Di sini pembaca akan ditampilkan menu lokasi Lokocafe terdekat. Setelah dipilih, maka pembaca dapat melihat semua menu yang tersedia di cabang yang dipilih, dengan kategori dapat diganti dari menu di bagian atas. Seperti misalnya di Lokocafe Manggarai, terdapat kategori menu Lokocafe, menu on train, RESKA kitchen, dan promo lokomart. Untuk harga menu ini sama dengan harga menu jika makan di tempat, tidak seperti pemesanan via Gofood yang harganya berbeda.

Tampilan awal menu #DIRUMAHAJA
Tampilan menu Lokocafe

Pembaca dapat memesan dengan memilih “PESAN”, memasukkan jumlah yang akan dipilih dan catatan, lalu menekan ikon keranjang belanja. Setelah selesai memilih, pembaca menekan ikon keranjang belanja besar dan masuk ke menu “Pesanan Anda”.

Tampilan menu pembayaran

Di sini pembaca dapat melihat ringkasan pesanan dan subtotal harganya. Pembaca kemudian mengisi nomor telepon dan alamat pengiriman. Perlu diingat, opsi pembayaran LOKOMART untuk saat ini hanya ada LinkAja! dan harga belum termasuk PPN 10% dan ongkos kirim.

Kesimpulan

Demikian ulasan singkat terhadap aplikasi LOKOMART. Apliaksi ini dapat membantu dalam melakukan pemesanan  dari outlet RESKA karena bisa melihat menu yang tersedia secara mudah, dan harganya lebih murah dari pemesanan menggunakan Gofood. Akan tetapi, beberapa peningkatan yang dapat dilakukan pada aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengecek menu yang tersedia di setiap cabang dari bagian “Lokasi”, dan opsi pembayarannya agar diperbanyak selain LinkAja!. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×