Inggris Kembangkan Kereta Sangat Ringan

Desain kereta sangat ringan yang dikembangkan untuk angkutan massal di Kota Coventry, Inggris | The Covetry Observer

[13/5] Proyek Kereta Sangat Ringan Coventry yang digagas untuk sistem angkutan massal kota ukuran sedang dengan harga sangat murah berhasil mendapatkan pendanaan sebesar £ 1,5 juta atau sekitar Rp 27 miliar dari West Midlands Combined Authority untuk mendukung perancangan dan pengembangan.

Teknisi dari Universitas Warwick saat ini tengah mengerjakan desain jalur bekerjasama dengan Pemerintah Kotamadya Coventry, perusahaan keteknikan sipil asal Perancis, Ingerop Conseil et Ingénierie dan anak perusahaannya di Inggris, Rendel.

Jalur kereta sangat ringan ini dirancang bisa dibangun dengan sangat cepat dan murah. Selain itu jalurnya juga bisa dibongkar-pasang dengan mudah untuk mempermudah perawatan jalur.

Rangkaian keretanya sendiri terlihat persis seperti Metro Kapsul yang sempat diwacanakan akan dibangun di Kota Bandung. Kereta dibuat sangat ringan dan ditenagai dengan baterai. Rencananya sarana kereta sangat ringan akan diujicoba pada tahun depan.

Direktur International Transport at Ingerop Philippe-André Hanna mengatakan proyek ini sangat dibutuhkan untuk kota kecil dan sedang yang menginginkan transportasi umum berbasis rel yang modern, ramah lingkungan, dan murah.

Direktur Light Rail Transit Association campaign group Chairman Paul Rowan mengatakan pihaknya menyambut baik pengembangan kereta sangat ringan ini. Ia mengatakan pihaknya sudah sejak lama membahas cara membuat kereta ringan lebih praktis dan murah. Ia pun senang mendengar ada perkembangan yang positif sejauh ini.(RED/BTS)

Railway Gazette

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: