Mengenal Sosok Didiek Hartantyo, Dirut KAI Baru Pengganti Edi Sukmoro

Didiek Hartantyo | Euromoneyseminar

[8/5]. Kabar pencopotan Edi Sukmoro sebagai Dirut KAI oleh Menteri BUMN Erick Thohir menghebohkan jagat perkeretaapian di Indonesia. Meskipun isu penggantian Dirut KAI sudah lama berhembus di kalangan pecinta kereta api namun kabar penggantian ini cukup mengagetkan.

Didiek Hartantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan KAI kini menduduki posisi orang nomer 1 di BUMN operator kereta api ini. Seperti dilansir dari CNBC Indonesia, pengangkatan Didiek sebagai Dirut KAI tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-21/MBU/01/2016 yang kemudian diperbaharui menjadi Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-10/MBU/01/2018 tanggal 15 Januari 2018.

Lantas siapakah sosok Didiek Hartantyo?

Sebelum menjabat sebagai Direktur Keuangan KAI pada 2016, pria kelahiran 1961 ini pernah menduduki dua jabatan penting di Bank Mandiri. Seperti dikutip dari profil akun LinkedIN pribadinya, ia pernah menjabat posisi Senior Vice President (Oktober 2009 – Februari 2011) dan Executive Vice President (Februari 2011 – Januari 2016) di Bank Mandiri.

Didiek menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Sebelas Maret pada tahun 1985. Ia kemudian melanjutkan studinya di University of Denver – Daniels College of Business dan mendapatkan gelar MBA, Finance pada tahun 1995.

Jabatan Direktur Keuangan KAI yang ditinggalkan oleh Didiek saat ini diisi oleh Rivan Achmad Purwantono.

Selain Direktur Utama, sejumlah nama di direksi KAI juga dirombak oleh Erick. Nama-nama yang diganti di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Amrozi Hamidi sebagai Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha digantikan oleh Jeffrie N. Korompis.
  2. Dody Budiawan sebagai Direktur Niaga digantikan oleh Maqin U. Norhadi.
  3. R. Ruli Adi sebagai Direktur SDM dan Umum digantikan oleh Agung Yunanto.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: