Berita KAInternasional

Turki Resmikan Layanan Kereta Barang Domestik Antar Benua Lewat Terowongan Marmaray

Menteri Transportasi Turki Adil Karaismailoğlu saat melepas keberangkatan pertama KA barang domestik antar benua lewat Terowongan Marmaray | Railway Gazette

[18/5] Pemerintah Turki meresmikan perjalanan KA angkutan barang domestik antar benua lewat Terowongan Marmaray yang melintasi Selat Bosphorus pada Jumat (8/5) lalu.

KA barang domestik pertama yang melintas di Marmaray membawa 16 gerbong datar dengan 32 kontainer berisi plastik mentah dari Gaziantep di selatan Turki ke Corlu di bagian Eropa negara ini.

Menteri Transportasi Turki Adil Karaismailoğlu turut menaiki KA barang domestik ini bersama sejumlah pejabat dari Stasiun Söğütlüçeşme di wilayah Asia Turki sampai Stasiun Kazlıçeşme di wilayah Eropa Turki. Selanjutnya Adil melepas keberangkatan KA barang di Stasiun Kazlıçeşme yang hendak melanjutkan perjalanan ke Ankara.

Dalam pidatonya Adil mengatakan nantinya Terowongan Marmaray ini akan menggantikan layanan rel lama dan kapal feri yang menghubungkan Pelabuhan Derince dan Pelabuhan Tekirdağ dan diyakini dapat menghemat biaya angkut.

Adil juga mengatakan dalam pidatonya diperkirakan sebanyak 25.000 kontainer akan melintas di Terowongan Marmaray setiap tahunnya dan akan menjadi kunci penghubung antara Tiongkok dan Eropa. Pengoperasian layanan KA barang domestik lewat Terowongan Marmaray ini menyusul KA angkutan kontainer China Railway Express yang mengangkut barang elektronik dari Tiongkok ke Republik Ceko pada November lalu.(RED/BTS)

Railway Gazette | Railjournal

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×