Stasiun Toranomon Hills Resmi Dibuka

Peron Stasiun Toranomon Hills | Foto: Kyodo News

[7/6] Stasiun terbaru di Jalur Tokyo Metro Hibiya, yaitu Toranomon Hills resmi dibuka untuk umum pada Sabtu (6/6) ini setelah dikerjakan dari 2016. Stasiun ini juga menjadi stasiun baru yang pertama sejak jalur ini beroperasi penuh pada tahun 1964 lalu.

Dilansir dari Kyodo News, stasiun yang berada di antara Stasiun Kasumigaseki dan Kamiyacho ini dilengkapi dengan platform screen doors di sepanjang peronnya. Pemasangan platform screen doors ini merupakan yang pertama di seluruh stasiun di Jalur Tokyo Metro Hibiya. Selain itu, stasiun ini juga dilengkapi dengan underpass sepanjang 450 meter yang terhubung dengan Stasiun Toranomon di Jalur Tokyo Metro Ginza.

Meskipun stasiun ini telah dibuka untuk publik, tetapi pengerjaan belumlah selesai. Di stasiun yang terletak di dekat Toranomon Hills Mori Tower ini masih terdapat pengerjaan untuk concourse kedua di bawah tanah. Pengerjaan concourse ini dilakukan untuk menghubungkan secara langsung stasiun ini dengan gedung-gedung yang ada di sebelahnya. Concourse baru ini menurut Tokyo Metro akan siap digunakan pada 2023 mendatang, dengan gate tiket juga akan dipindah ke sana.

Pembukaan stasiun ini aslinya dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020. Akan tetapi, dikarenakan pandemi COVID-19 ini maka kedua acara ini diundur setahun ke 2021.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Japantimes, pada Selasa (2/6) lalu stasiun ini telah terlebih dahulu dipamerkan ke pers sebelum dibuka. Stasiun ini memiliki nilai konstruksi sebesar 36 Juta Yen, dan juga telah direncanakan terhubung dengan sebuah terminal Bus Rapid Transit (BRT). Rute BRT ini aslinya dicanangkan untuk menghubungkan Toranomon Hills dengan distrik waterfront Tokyo, namun operasi BRT ini ditunda akibat COVID-19. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: