Kereta Tanpa Awak Rusia Akan Jalani Uji Lintas Virtual

[20/7]. Kementerian Transportasi Rusia bersama dengan perusahaan kereta api nasional Rusia, RZD, berencana akan melakukan uji lintas virtual pada rangkaian kereta api nirawaknya. Lintas virtual ini sendiri akan selesai dikembangkan pada pertengahan Desember 2020 mendatang.

Seperti dilansir dari TASS, uji lintas virtual ini akan menggunakan simulator untuk menguji perangkat lunak yang digunakan pada kereta api nirawak ini. Nantinya uji lintas virtual ini akan dilakukan untuk melihat kemampuan dan akurasi perangkat lunak yang nantinya akan dipasang pada rangkaian kereta.

Direktur departemen Kementerian Transportasi Rusia Dmitry Bakanov mengatakan nantinya di simulator perangkat lunak akan menghadapi sejumlah keadaan dan cuaca yang harus dihadapi kereta seperti salju, panas, hujan, kabut, silau, rintang jalan, hingga tabrakan dengan kereta api lainnya sebelum dipasang pada komputer kereta.

RZD sendiri saat ini tengah mengembangkan perangkat keras dan lunak yang nantinya akan digunakan pada kereta. Dalam rilis persnya, RZD mengatakan pihaknya saat ini tengah mengembangkan sebuah sistem yang akan memperingkas penggunaan sejumlah komponen inti operasional kereta.

Kereta api nirawak ini nantinya dapat dikendalikan dengan sistem remote control yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan, sistem komunikasi yang aman, serta GPS dengan tingkat ketepatan sangat tinggi.(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: