Shinkansen Seri N700S Mulai Beroperasi Reguler di Tokaido Shinkansen

Unit prototipe N700S | Foto: Hahifuheho, Wikimedia Commons

Setelah menempuh fase ujicoba dengan ujicoba publik dari Oktober 2019, kereta api cepat Shinkansen seri N700S akhirnya mulai beroperasi reguler di Tokaido Shinkansen.

Dilansir dari Japantimes, Shinkansen generasi terbaru Central Japan Railway Company (JR Central) ini mulai dioperasikan pada Rabu (1/7) kemarin. Pengoperasian kereta api cepat generasi baru ini ditandai dengan upacara peluncuran di Stasiun Tokyo yang dihadari oleh Presiden JR Central Shin Kaneko. Rangkaian Shinkansen ini meninggalkan Stasiun Tokyo pada pukul 6 pagi waktu setempat menuju Stasiun Hakata, Prefektur Fukuoka, Kyushu. Kehadiran Shinkansen N700S ini merupakan Shinkansen generasi baru yang pertama setelah sekitar 13 tahun.

Kepada Japantimes Kaneko menyatakan Shinkansen seri N700S ini “penuh dengan kemajuan teknologi”. Ia juga yakin penumpang akan merasa sangat nyaman menaiki kereta ini. Shinkansen N700S ini dilengkapi dengan fitur kenyamanan baru seperti indirect lighting, colokan listrik di semua tempat duduk, rak bagasi yang dilengkapi penerangan saat kereta tiba, dan interior yang lebih senyap. Sementara itu, fitur keselamatan dan keamanan yang dimiliki Shinkansen ini termasuk di antaranya baterai darurat agar Shinkansen dapat bergerak ke titik evakuasi utama pada saat mati listrik, dan penambahan kamera CCTV di interior dari dua menjadi empat atau enam.

Saat ini baru terdapat empat rangkaian Shinkansen seri N700S. Namun rencananya jumlah rangkaian ini akan bertambah mejadi 40 pada fiskal 2022. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: