Kota Karlsruhe Rencanakan Ujicoba Trem Angkutan Barang

Ilustrasi trem di Karlsruhe
Ilustrasi trem di Karlsruhe | Foto: Smiley.toerist, Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[24/8] Kota Karlsruhe di Jerman saat ini tengah menjajaki rencana ujicoba trem angkutan barang. Karsluhe berencana akan mengujicoba trem barang ini mulai 2022. Ujicoba ini dilakukan dengan bekerjasama dengan Verkehrsbetriebe Karlsruhe (VBK-Karlsruhe Transport) dan Albtal-Verkehrs-Gesellschaft (AVG-Albtal Transport).

Dilansir dari Railjournal, proyek yang dinamai regioKArgo ini akan memanfaatkan LRV dan trem yang dimodifikasi. Sarana hasil modifikasi ini akan mengangkut barang, utamanya barang konsumen lewat simpul strategis di pusat kota. Barang-barang ini kemudian dapat diantar dari simpul strategis ke konsumen via moda ramah lingkungan seperti sepeda listrik.

Karlsruhe berencana sarana yang digunakan ini dapat dengan mudah dikonversi untuk mengangkut barang/penumpang sesuai kebutuhan. Dengan kata lain, tidak diperlukan adanya sarana yang khusus untuk mengangkut barang saja. Kota Karlsruhe berharap rencana ini akan mengurangi kepadatan lalu lintas dan polusi.

Perangkat lunak untuk mendukung perencanaan pengangkutan dan optimalisasi kapasitas angkut menjadi penting. Diperlukan antarmuka untuk mengatur proses muat barang di simpul, dan proses bongkar barang di simpul untuk diantar ke tujuan. Dalam hal ini, Kota Karlsruhe bekerjasama dengan Offenburg University of Applied Sciences, FZI Research Centre for Information Technology, Institut Teknologi Karlsruhe (KIT), DB Engineering & Consulting dan Marlo Consultants.

Konsep trem barang sendiri bukanlah hal yang baru di Eropa. Di Jerman sendiri terdapat CarGo Tram yang telah ada dari 2001 untuk mengangkut komponen mobil Volkswagen di Dresden, Jerman. Selain itu, juga terdapat Cargo-Tram di Zurich, Swiss yang mengangkut sampah daur ulang. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: