U-Shaped Girder LRT Jabodebek Terakhir Terpasang

Ilustrasi proyek LRT Jabodebek
Ilustrasi proyek LRT Jabodebek | Foto: Instagram Presiden Joko Widodo

[25/8] Setelah proses pembangunan yang cukup panjang, akhirnya U-shape girder terakhir LRT Jabodebek telah terpasang. Pemasangan U-shape girder terakhir ini dilakukan di proyek pembangunan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas.

Pemasangan U-shaped girder terakhir ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Adhi Karya pada Senin (24/8) kemarin. Dengan dipasangnya U-shaped girder terakhir ini maka Jalur LRT Jabodebek telah sepenuhnya tersambung dari Harjamukti Cibubur dan Jatimulya hingga Dukuh Atas.

 

Pembangunan Jalur LRT Jabodebek yang menggunakan U-shaped girder menjadi prestasi tersendiri bagi Adhi Karya. Seperti dikutip dari Kompas.com, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengatakan U-shaped girder yang digunakan dalam proyek Jalur LRT Jabodebek rencananya akan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pemberian penghargaan oleh MURI dikarenakan LRT Jabodebek merupakan jalur KA pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia yang menggunakan U-shaped girder. Entus mengatakan Jalur Metro Dubai menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan U-shaped girder disusul Jalur Metro Shanghai.

Meski demikian masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan hingga LRT Jabodebek bisa beroperasi seperti pembangunan sejumlah stasiun serta pembangunan Dipo LRT Jatimulya. Entus menargetkan pembangunan fisik dapat tuntas pada Desember tahun ini.

Sementara itu, pada tanggal 18 Oktober mendatang rencananya akan dilakukan uji coba teknis pada Lintas Cibubur – Cawang. Ditargetkan LRT Jabodebek tahap 1 akan beroperasi penuh pada November 2021.

(RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×