U-Shaped Girder LRT Jabodebek Terakhir Terpasang

Ilustrasi proyek LRT Jabodebek
Ilustrasi proyek LRT Jabodebek | Foto: Instagram Presiden Joko Widodo

[25/8] Setelah proses pembangunan yang cukup panjang, akhirnya U-shape girder terakhir LRT Jabodebek telah terpasang. Pemasangan U-shape girder terakhir ini dilakukan di proyek pembangunan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas.

Pemasangan U-shaped girder terakhir ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Adhi Karya pada Senin (24/8) kemarin. Dengan dipasangnya U-shaped girder terakhir ini maka Jalur LRT Jabodebek telah sepenuhnya tersambung dari Harjamukti Cibubur dan Jatimulya hingga Dukuh Atas.

 

Pembangunan Jalur LRT Jabodebek yang menggunakan U-shaped girder menjadi prestasi tersendiri bagi Adhi Karya. Seperti dikutip dari Kompas.com, Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengatakan U-shaped girder yang digunakan dalam proyek Jalur LRT Jabodebek rencananya akan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pemberian penghargaan oleh MURI dikarenakan LRT Jabodebek merupakan jalur KA pertama di Asia Tenggara dan ketiga di dunia yang menggunakan U-shaped girder. Entus mengatakan Jalur Metro Dubai menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan U-shaped girder disusul Jalur Metro Shanghai.

Meski demikian masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan hingga LRT Jabodebek bisa beroperasi seperti pembangunan sejumlah stasiun serta pembangunan Dipo LRT Jatimulya. Entus menargetkan pembangunan fisik dapat tuntas pada Desember tahun ini.

Sementara itu, pada tanggal 18 Oktober mendatang rencananya akan dilakukan uji coba teknis pada Lintas Cibubur – Cawang. Ditargetkan LRT Jabodebek tahap 1 akan beroperasi penuh pada November 2021.

(RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: