MRT Jakarta Fase 2 Mulai Dibangun, Beginilah Pekerjaan di Proyek CP201

Proyek MRT Jakarta Fase 2 CP201 yang dilakukan di kawasan Thamrin

[10/8]. Setelah tertunda kurang lebih 3 bulan lamanya akibat wabah COVID-19, Jalur Fase 2 MRT Jakarta dengan rute Bundaran HI – Kota mulai dibangun.

Pembangunan ditandai dengan dimulainya proyek CP201 atau pembangunan Stasiun Thamrin (sebelumnya Sarinah) dan Stasiun Monas. Lantas apa saja pekerjaan yang saat ini tengah dikerjakan di proyek ini? Tim REDaksi berkesempatan untuk melihat proyek ini pada Senin (10/8).

Pagar penutup proyek dipasang memanjang di trotoar di depan Kementerian Kemenristek hingga Kantor Kementerian Agama serta di dekat JPO Halte TransJakarta Sarinah hingga depan Gedung Mandiri Syariah.

Dari pemantauan Tim REDaksi terlihat para pekerja tengah melakukan penggalian baik secara manual maupun menggunakan alat berat seperti backhoe.

Pekerja yang tengah melakukan penggalian di proyek CP 201

Selain penggalian di kawasan Thamrin, terlihat pula pagar pembatas proyek yang dipasang di dekat Bundaran Indosat. Terlihat pula sejumlah pekerja di luar pagar pembatas. Dari pemantauan yang dilakukan, kemungkinan sedang dilakukan soil investigation di kawasan ini.

Sedangkan di kawasan Monas yang merupakan ujung dari proyek CP201 belum terlihat adanya tanda-tanda pembangunan stasiun.

Pagar pembatas proyek MRT yang dipasang di depan Kantor Kementerian ESDM

Meski pekerjaan dilakukan di trotoar, namun kontraktor tetap menyisakan sedikit jalan untuk pejalan kaki dan penyandang disabilitas di samping pagar proyek. Tak hanya itu, lampu penerangan jalan juga dipasang agar trotoar yang disisakan tidak gelap ketika malam hari.

Jalur pejalan kaki yang disisakan di trotoar yang terimbas proyek MRT Jakarta Fase 2 CP201

Proyek MRT Jakarta Fase 2 seharusnya mulai dikerjakan pada Maret 2020 lalu. Namun wabah COVID-19 yang menyerang Indonesia serta kebijakan PSBB yang diterapkan pemerintah membuat pihak MRT Jakarta menunda proyek ini.

Proyek akhirnya dimulai pada akhir Juli 2020 yang ditandai dengan dimulainya proyek CP201 atau pembangunan jalur dari Bundaran HI hingga Monas.

Seperti dilansir dari rilis MRT Jakarta, nantinya akan dilakukan sejumlah pekerjaan di kawasan Thamrin seperti rekayasa arus lalu lintas, relokasi tugu jam Thamrin, pemindahan Halte TransJakarta Bank Indonesia, serta pembongkaran JPO Bank Indonesia. (RED/BTS)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: