Pembebasan Lahan Bermasalah, Proyek Jalur KA Trans Sulawesi Terancam Berhenti

Rangkaian KAIS buatan INKA di Sulawesi Selatan saat stabling di kawasan Barru | Foto: Online24jam.com

[30/8] Kabar buruk datang dari proyek Jalur KA Trans Sulawesi. Proyek jalur yang menghubungkan Pulau Sulawesi ini terancam berhenti di tengah jalan akibat permasalahan klasik: pembebasan lahan. Seperti dilansir dari IDNTimes, permasalahan lahan terjadi pada proyek pembangunan seksi Maros – Makassar.

Sekretaris Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulmafendi mengatakan permasalahan lahan yang terjadi semakin berlarut-larut dan dirinya menilai pemerintah lamban dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Ia juga mengatakan proyek yang dikerjakan terancam dialihkan ke Pulau Jawa.

Di tempat lain Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan permasalahan lahan yang terjadi dapat diselesaikan oleh pemerintah daerah setempat. Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan dana untuk pembebasan lahan yang akan dilakukan serta berkoordinasi dengan pihak lainnya seperti BPN, Kejati, dan pemerintah daerah setempat.

Nurdin juga mengatakan pihaknya telah berusaha mengumpulkan masyarakat di desa, kelurahan, dan kecamatan yang terdampak pembangunan Jalur KA Trans Sulawesi yakni di Kecamatan Mandai, Desa Marumpa dan Kelurahan Hasanuddin, Kabupaten Maros. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak menghalangi pembangunan proyek jalur ini.

Sementara itu Pengamat Transportasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Lambang Basri turut menanggapi masalah ini. Ia meminta seluruh komponen pemerintah untuk kompak menyelesaikan permasalahan lahan ini. Selain itu tokoh masyarakat juga harus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mempermudah pembebasan lahan di masyarakat. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: