KA Siliwangi Diperpanjang Sampai Stasiun Cipatat

menhub meresmikan ka siliwangi
Proses peresmian KA Siliwangi di Stasiun Cipatat oleh Menteri Perhubungan | Foto: Cianjur Today

[21/9] Kabar gembira bagi warga Cipatat yang saat ini merindukan kereta api! Mulai Senin (21/9) ini, KA Siliwangi yang semula memiliki relasi Sukabumi-Ciranjang diperpanjang hingga Stasiun Cipatat setelah sebelumnya ditunda dari Kamis (17/9) lalu. Pemanjangan relasi ini adalah yang kedua setelah pada Juli 2019 lalu KA Siliwangi diperpanjang dari Stasiun Cianjur hingga Stasiun Ciranjang.

Tersedia enam perjalanan KA Siliwangi setiap harinya dengan tiga perjalanan dari Sukabumi dan tiga perjalanan dari Cipatat. Tiket KA ini digratiskan untuk relasi Ciranjang-Cipatat dari tanggal 21 sampai tanggal 30 September mendatang. Sedangkan untuk relasi Sukabumi-Cipatat tetap 3000 Rupiah. Berikut adalah jadwal KA Siliwangi relasi Sukabumi-Cipatat.

Jadwal perjalanan KA Siliwangi per 21 September 2020 | Foto: PT KAI Daop 2 Bandung

Dilansir dari Antara, sebelumnya peresmian KA Siliwangi yang diperpanjang ini ditunda dari Rabu lalu. Menurut Humas Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat Anne, Menteri Perhubungan berhalangan untuk hadir. Kesiapan Stasiun Cipatat ini sebetulnya telah 100% setelah pada akhir Agustus hingga awal September telah dilakukan ujicoba setelah proses reaktivasi dan upgrade pada jalur Ciranjang-Cipatat.

Jalur Cianjur-Ciranjang-Cipatat ini sendiri adalah bagian dari jalur Cianjur-Padalarang yang terkenal baik di kalangan masyarakat dan railfans. Kehadiran KA Lokal Cianjuran yang dikenal sebagai “Argo Peyeum” di masa lalu menjadi andalan utama masyarakat Cianjur yang menuju Bandung. Selain itu rutenya yang berkelok dan menerjang tanjakan hingga sekitar 40 permil di petak Cipatat-Tagogapu-Padalarang sempat menjadi daya tarik bagi railfans karena keindahan spotnya.

Dilansir dari CNN, untuk reaktivasi Cipatat-Padalarang sedang dalam proses studi trase dan direncanakan akan berlanjut 2022 mendatang. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: