Proyek Jalur Dwiganda, Jalur Manggarai-Jatinegara Switch Over ke Jalur Baru

KRL melintasi jalur baru Manggarai-Jatinegara
KRL seri 205 rangkaian BOO95 melintasi jalur baru dari Manggarai menuju Jatinegara

[19/9] Satuan kerja jalur dwiganda (Satker DDT) Direktorat Jenderal Perkeretaapian lakukan switch over jalur Manggarai-Jatinegara pada Jumat (18/9) malam hingga Sabtu (19/9) dini hari tadi. Pekerjaan switch over ini memindahkan jalur hulu antara Manggarai-Jatinegara ke jalur layang baru Matraman yang pembangunannya telah selesai dilakukan.

Pekerjaan switch over ini diikuti dengan ujicoba jalur hulu Matraman menggunakan 4 unit lokomotif dan 1 rangkaian KRL. Ujicoba jalur ini dimaksudkan untuk meyakinkan kesiapan jalur dan jaringan listrik aliran atas sebelum digunakan dalam pengoperasian reguler.

peralihan jalur jatinegara-manggarai
Bagian dari peralihan jalur di sisi Jatinegara. Untuk saat ini baru jalur hulu menuju Jatinegara yang dioperasikan, sedang jalur hilir menuju Manggarai masih belum dioperasikan. | Foto: Nurachman Hafizh
Peralihan jalur Manggarai-Jatinegara
Bagian dari peralihan jalur di sisi Manggarai. Tampak jalur hulu lama arah Jatinegara yang sudah diputus dan jalur hilir lama yang masih digunakan.

Sementara itu, jalur hilir Jatinegara-Manggarai masih melalui jalur lama dan belum akan melalui jalur hilir Matraman hingga beberapa waktu ke depan. Sehingga dalam pengoperasian jalur hulu Matraman ini Stasiun Matraman masih belum akan dioperasikan dan KRL masih akan melintas langsung.

KRL melintasi jalur lama arah Manggarai
Jalur lama arah Manggarai yang masih digunakan untuk saat ini | Foto: Nurachman Hafizh

Switch over ke jalur baru Matraman ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan pembangunan jalur layang di jalur lama Manggarai-Jatinegara yang akan menuju ke peron layang khusus KA jarak jauh di Stasiun Manggarai. Nantinya, beberapa bagian dari jalur lama Manggarai-Jatinegara akan dibongkar untuk membuat jalur layang baru tersebut. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×