PT KCI Menjadi Operator KA Prambanan Ekspres dan Lokal Merak

Rangkaian prameks
Rangkaian KA Prambanan Ekspres di Stasiun Kutoarjo

[1/10] Setelah sebelumnya pada Maret KCI mengumumkan rencana ekspansi ke luar Jabodetabek di KA Lokal Merak dan Prambanan Ekspres (Prameks), akhirnya kedua rencana tersebut terwujud pada Oktober ini.

Dilansir dari Bisnis.com VP Public Relations PT KAI Joni Martinus menyampaikan selama ini KA Prameks dioperasikan oleh KAI. Namun dengan terbitnya surat izin dari Kementerian Perhubungan, mulai Oktober KCI sudah bisa mengoperasikan KA Prameks.

Joni menyebutkan KA Lokal akan dioperasikan oleh KCI ke depannya, dengan tahap pertama adalah KA Prameks. Meskipun demikian, terpantau dari media sosial KA Lokal Merak juga telah dioperasikan KCI mulai hari ini.

Loket KA Merak di Stasiun Serang dengan penanda loket KCI | Foto: Muhammad Ferdi

Sementara Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti menerangkan KCI sudah mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengoperasikan KA Prameks dan KA Lokal Merak. Izin dari Kemenhub ini telah diperoleh melalui Keputusan Menteri Perhubungan (Kepmenhub) No. 134/2020 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Commuter Indonesia pada 3 Juni lalu.

Saat ini sarana yang digunakan untuk KA Lokal Merak dan KA Prameks. di bawah KCI masih seperti yang selama ini digunakan, yaitu rangkaian KA dengan lok untuk KA Lokal Merak dan KRD untuk KA Prameks. Sedangkan untuk pemesanan tiket saat berita ini ditulis masih dapat dilakukan via KAI Access. (RED/IHF)

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: