Indonesia Kedatangan Kembali Mesin Perawatan Jalan Rel Baru

Pengiriman Dua Unit Plasser & Theurer Unimat 08-275/3S Menuju Balai Yasa Mekaik Cirebon | Sumber: Muhammad Fauzi
Pengiriman Dua Unit Plasser & Theurer Unimat 08-275/3S Terbaru Menuju Balai Yasa Mekanik Cirebon | Foto: Muhammad Fauzi

(10/11) Indonesia kembali kedatangan Mesin Perawatan Jalan Rel (MPJR) baru dengan tipe Multi Tie Tamper (MTT) Unimat Compact 08-275/3S buatan Plasser & Theurer. Saat ini MPJR tersebut sedang melakukan perjalanan menuju Balai Yasa Mekanik Cirebon menggunakan truk trailer multiaxle.

Shipping Mark Pengiriman Plasser&Theurer 08-275/3S | Sumber: Ilham Akmal Rafi Pramudya
Shipping Mark Pengiriman Plasser&Theurer 08-275/3S | Foto: Ilham Akmal Rafi Pramudya

MPJR ini didatangkan menggunakan jasa pengiriman VTP Logistics dan mitranya. Sedangkan kapal yang membawa kereta ini bernama California.

Tampilan Berbeda Dari Unimat Compact 08-275/3S Terbaru | Sumber: Muhammad Fauzi
Tampilan Berbeda Dari Unimat Compact 08-275/3S Terbaru | Foto: Muhammad Fauzi

MTT yang dipesan kali ini adalah Unimat Compact 08-275/3S. Namun  terdapat sedikit perbedaan,  pada bagian cowcatcher terlihat lebih tebal dan kokoh dengan struktur jaring-jaring.

MTT dengan jenis Unimat Compact 08-275/3S memiliki beberapa fitur terutama dapat melakukan tamping baik di jalur rel biasa (plain track) dan wesel (switch and crossing). Selain itu, mesin perawat jalan rel ini dilengkapi dengan fitur synchronous three rail lifting untuk meningkatkan keamanan pada saat melakukan tamping di daerah wesel.

Spesifikasi Plasser & Theurer Unimat Compact 08-275/3S | Sumber: Plasser & Theurer
Spesifikasi Plasser & Theurer Unimat Compact 08-275/3S | Sumber: Plasser & Theurer

Saat ini, PT KAI memang sedang melakukan progres penambahan dan pembelian armada-armada mesin perawatan jalan rel untuk menambah armada dan memperbaharui armada-armada mesin perawatan jalan rel yang mulai usang.

Hingga berita ini ditulis, dua unit MPJR tersebut sedang beristirahat di kawasan KM 57 Kosambi. Kedatangan mesin perawat jalan rel terbaru ini dapat menambah kapasitas dan mempercepat proses perawatan jalan rel kereta api di Indonesia. (RED/rnovanto)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Indonesia Kedatangan Kembali Mesin Perawatan Jalan Rel Baru

  • Rabu, 11 November 2020 pada GMT+0700 16:53
    Permalink

    Hihi, mirip pengasuhnya Thole sejak bayi di film sepur ngawur

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: