Berita KABeroperasi KembaliIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Seri 6000 Rangkaian 6130F Beroperasi Kembali dengan Stamformasi Unik

KRL 6130F dengan stamformasi 8 kereta
Rangkaian 6130F dengan stamformasi 8 kereta di bilangan Duren Kalibata

[20/11] Setelah sebelumnya mengalami anjlokan di Stasiun Kampung Bandan pada 30 Oktober, KRL seri 6000 rangkaian 6130F kembali beroperasi mulai Selasa (17/11) lalu. Namun rangkaian ini beroperasi tidak dengan formasi lengkapnya yaitu 10 kereta, melainkan formasi 8 kereta saja.

Berdasarkan pantauan Tim REDaksi, kereta yang dilepas dari rangkaian KRL ini adalah kereta bermotor 6730 dan 6830. Dua kereta ini dilepas karena memerlukan perbaikan akibat kerusakan yang dialami setelah mengalami anjlokan. Formasi rangkaian 6130F kemudian menjadi sebagai berikut:

Tabel formasi rangkaian 6130F
Tabel formasi rangkaian 6130F. Keterangan: SIV: Static Inverter, CP: Kompresor, M: Motor, CT: Trailer berkabin masinis, Tc: Trailer dengan meja layan darurat

Meskipun beberapa rangkaian KRL seri 6000 berpropulsi VVVF pernah beroperasi dengan stamformasi 8 kereta, namun semuanya adalah rangkaian VVVF tiga fasa dengan formasi asli 6M4T yang diperpendek menjadi 4M4T. Rangkaian 6130F ini unik karena menjadi rangkaian pertama yang beroperasi dari kelompok rangkaian VVVF dua fasa dengan formasi asli 5M5T yang diperpendek menjadi 3M5T dalam formasi 8 kereta.

Berdasarkan pantauan Tim REDaksi, sebelum 6130F pernah ada satu rangkaian KRL seri 6000 VVVF dua fasa yang berjalan dengan stamformasi 8 kereta, yaitu 6131F. Akan tetapi, rangkaian ini hanya berjalan dari Dipo Depok ke Stasiun Depok Baru untuk stabling, dan bukan untuk beroperasi.

Belum diketahui untuk berapa lama pemendekan formasi pada rangkaian 6130F ini akan dilakukan. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×