KRL Seri E235 Jalur Yokosuka Akan Beroperasi 21 Desember Mendatang

KRL seri E235 milik Jalur Yokosuka saat uji coba | Foto: みんと ちょこ via Wikimedia Commons, CC-BY-SA
KRL seri E235 milik Jalur Yokosuka saat uji coba | Foto: みんと ちょこ via Wikimedia Commons, CC-BY-SA

[14/11] Setelah rangkaian pertamanya mulai tampak ke publik pada Juni lalu, KRL JR East seri E235 Jalur Yokosuka akan segera beroperasi.

Dilansir dari Trafficnews, JR East Cabang Yokohama mengumumkan pada Kamis (12/11) akan beroperasi pada Senin 21 Desember mendatang. KRL seri E217 yang saat ini telah beroperasi di jalur ini sejak 1994 pun akan satu persatu digantikan.

Total akan ada 745 kereta atau 97 rangkaian akan beroperasi di jalur ini. Dalam tahap awal operasionalnya, akan ada 120 kereta atau 8 rangkaian formasi 11+4 kereta yang beroperasi. 120 kereta ini terdiri atas 8 rangkaian utama formasi 11 kereta, dan 8 rangkaian pengikut dengan formasi 4 kereta. Formasi ini sama dengan formasi rangkaian KRL seri E217 yang menggunakan pola operasi 11+4 kereta.

Layanan KRL seri E235 ini akan beroperasi di Jalur Yokosuka, Jalur Sobu Rapid dan Local, Jalur Uchibo, Jalur Sotobo, Jalur Narita, dan Jalur Kashima. KRL seri E235 ini memiliki fitur terbaru seperti sistem monitor INTEROS yang dapat terus menerus memonitor kondisi rangkaian. Selain itu, perangkat traksi juga dibuat duplikat sebagai redundancy jika satu perangkat traksi mengalami gangguan.

Infografis KRL seri E235 di Jalur Yokosuka | Sumber: JR East, telah diterjemahkan oleh Tim REDaksi
Infografis KRL seri E235 di Jalur Yokosuka | Sumber: JR East, telah diterjemahkan oleh Tim REDaksi

Dari segi pelayanan penumpang, KRL seri E235 dilengkapi dengan tombol pintu semiotomatis, display digital di interior, air purifier, dan kamera CCTV. Selain itu, seluruh toilet yang terpasang menggunakan kloset model barat yang aksesibel, dan tersedia ruang kursi roda di setiap kereta. Untuk kereta double decker, tersedia fasilitas Wi-Fi gratis dan colokan listrik. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: