KRL Seri E235 Resmi Beroperasi di Jalur Yokosuka

KRL seri E235 jalur Yokosuka
Pelepasan perjalanan perdana rangkaian KRL seri E235 di Jalur Yokosuka-Sobu pada Senin (21/12) | Foto: Tetsudo Shimbun

[21/12] Setelah menjalani serangkaian uji dinamis yang panjang, akhirnya rangkaian KRL JR East seri E235 tak hanya menghiasi Jalur Yamanote saja. Senin (21/12) rangkaian KRL seri E235 resmi menjalani perjalanan perdananya di Jalur Yokosuka.

Seperti dikutip dari Tetsudo Shimbun, perjalanan perdana ini dirayakan dengan meriah dalam sebuah pesta peresmian di Stasiun Ofuna. Kepala Stasiun Ofuna bersama maskot JR East Cabang Yokohama, Hama no Den-chan secara langsung memberangkatkan perjalanan perdana KRL seri E235 ini.

Rangkaian berangkat dari Ofuna menuju Kimitsu pada pukul 16.51 waktu setempat. Para pecinta kereta api juga turut merayakan perjalanan perdana E235 di jalur ini. Mereka terlihat antusias mengabadikan perjalanan perdana ini menggunakan kamera dan telepon genggam yang mereka miliki.

JR East berencana akan mengoperasikan sebanyak 745 unit E235 di Jalur Yokosuka yang terbagi menjadi 51 rangkaian 11 kereta dan 46 rangkaian 4 kereta. Sementara di tahun 2020 rencananya akan ada sebanyak 120 unit yang beroperasi yang terbagi atas 8 rangkaian 11 kereta dan 8 rangkaian 4 kereta.

Di jalur ini, E235 akan menggantikan rangkaian E217 yang sudah beroperasi sejak 1994. Sama seperti pendahulunya, rangkaian E235 yang beroperasi di Jalur Yokosuka dilengkapi dengan kereta dua lantai di rangkaian 11 kereta.

Sejumlah fitur seperti display digital dan bangku yang lebih panjang di kereta biasa serta stop kontak dan WiFi gratis di kereta dua lantai ditambahkan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang. Baterai litium juga ditambahkan sebagai sumber listrik darurat apabila terjadi pemadaman listrik. Hal ini dilakukan agar kereta bisa berjalan menuju stasiun terdekat untuk mengevakuasi penumpang.(RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: