Lokomotif dan Kereta Penumpang Komuter Buatan INKA Tiba di Filipina

Kereta inka diturunkan di filipina
Kereta penumpang komuter buatan INKA saat diturunkan dari kapal BBC Leda di Pelabuhan Manila | Foto: PNR

[22/12] Setelah berlayar selama 9 hari lamanya dari Surabaya, rangkaian kereta komuter dan lokomotif diesel hidrolik buatan INKA akhirnya tiba di Filipina.

Dari informasi yang dihimpun melalui website Marinetraffic, kapal BBC Leda berbendera Antigua & Barbuda yang mengangkut rangkaian dan lokomotif tiba di Pelabuhan Manila pada Senin (21/12) pukul 18.32 waktu setempat. Setibanya di Filipina, rangkaian dan lokomotif diturunkan dari kapal dan dinaikan ke atas truk untuk selanjutnya dibawa menuju Dipo Tutuban untuk pengecekan dan pemasangan rangkaian kereta.

Sama seperti KRDH yang lebih dahulu beroperasi, nantinya lokomotif diesel hidrolik dan rangkaian kereta komuter ini akan menjalani serangkaian uji coba sebelum dinyatakan layak dan dapat berdinas dan beroperasi di Filipina.

Sebelumnya pada 13 Desember lalu, sebanyak 15 unit kereta penumpang komuter dan 3 unit lokomotif hidrolik buatan INKA yang dipesan PNR dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya , Jawa Timur. Pengiriman ini dilepas melalui selebrasi yang dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait.

Rencananya lokomotif dan rangkaian kereta penumpang komuter ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan KRD INKA yang sudah terlebih dulu beroperasi, KRD Hyundai Rotem, KRD KiHa 350, KRD KiHa 52, dan KRL seri 203 yang dipasangi genset dan ditarik lokomotif. (RED/BTS)

Iklan dari Mitra

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: