Berita KAInternasionalKereta Api

Lokomotif dan Kereta Penumpang Komuter Buatan INKA Tiba di Filipina

Kereta inka diturunkan di filipina
Kereta penumpang komuter buatan INKA saat diturunkan dari kapal BBC Leda di Pelabuhan Manila | Foto: PNR

[22/12] Setelah berlayar selama 9 hari lamanya dari Surabaya, rangkaian kereta komuter dan lokomotif diesel hidrolik buatan INKA akhirnya tiba di Filipina.

Dari informasi yang dihimpun melalui website Marinetraffic, kapal BBC Leda berbendera Antigua & Barbuda yang mengangkut rangkaian dan lokomotif tiba di Pelabuhan Manila pada Senin (21/12) pukul 18.32 waktu setempat. Setibanya di Filipina, rangkaian dan lokomotif diturunkan dari kapal dan dinaikan ke atas truk untuk selanjutnya dibawa menuju Dipo Tutuban untuk pengecekan dan pemasangan rangkaian kereta.

Sama seperti KRDH yang lebih dahulu beroperasi, nantinya lokomotif diesel hidrolik dan rangkaian kereta komuter ini akan menjalani serangkaian uji coba sebelum dinyatakan layak dan dapat berdinas dan beroperasi di Filipina.

Sebelumnya pada 13 Desember lalu, sebanyak 15 unit kereta penumpang komuter dan 3 unit lokomotif hidrolik buatan INKA yang dipesan PNR dikirim melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya , Jawa Timur. Pengiriman ini dilepas melalui selebrasi yang dihadiri oleh sejumlah pejabat terkait.

Rencananya lokomotif dan rangkaian kereta penumpang komuter ini akan dioperasikan di Jalur South Commuter dari Tutuban hingga Alabang bersama dengan KRD INKA yang sudah terlebih dulu beroperasi, KRD Hyundai Rotem, KRD KiHa 350, KRD KiHa 52, dan KRL seri 203 yang dipasangi genset dan ditarik lokomotif. (RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×