Berita KAIndonesiaMRT Jakarta

MRT Jakarta Akan Bangun Rute Fase 4 Fatmawati – Taman Mini

MRT Jakarta di Fatmawati
Ilustrasi kereta MRT Jakarta menikung sebelum memasuki Stasiun Fatmawati

[13/12] Dirut MRT Jakarta William Sabandar memberikan bocoran untuk rute Fase 4 MRT Jakarta. Seperti dilansir dari Antara, MRT Jakarta Fase 4 nantinya akan menghubungkan kawasan Fatmawati dengan Taman Mini sejauh 13,1 kilometer. William mengatakan dipilihnya rute tersebut didasarkan pada hasil studi yang dilakukan oleh kontraktor.

Ada 3 rute yang ditawarkan oleh kontraktor yakni Bandara Soekarno Hatta-Ancol, Joglo-Taman Mini, dan Fatmawati-Taman Mini. Namun ternyata rute Fatmawati – Taman Mini dirasa paling efektif untuk pengembangan jaringan MRT.

Belum adanya layanan transportasi umum berbasis rel serta pembangunan di kawasan tersebut yang semakin pesat menjadi alasan dipilihnya rute ini sebagai rute fase 4. Selain itu, rute ini juga bisa menciptakan integrasi antar moda angkutan umum dengan adanya Terminal Bus Kampung Rambutan dan LRT Jabodebek.

Meski Fase 2 dan Fase 3 masih dikerjakan, namun Fase 4 disiapkan agar pengembangan jaringan MRT dapat dilakukan secara paralel sehingga pembangunan tidak dilakukan secara linier atau per fase. Sehingga pengembangan integrasi layanan angkutan umum di Jakarta dapat dilakukan dengan cepat.(RED/BTS)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×